Karakter

7 Resolusi Tahun Baru untuk 2019 yang Lebih Sehat dan Bahagia

BICARAPEREMPUAN.COM – Tahun 2018 sebentar lagi sudah berganti ke tahun 2019. Sudah saatnya nih, girls, untukmu melakukan refleksi akhir tahun, dan kemudian membuat resolusi tahun baru supaya lebih baik daripada tahun ini.

Sudah punya resolusi untuk tahun 2019 belum nih?

 

Kalau belum, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu gunakan sebagai resolusi tahun baru 2019 yang lebih sehat

 

3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

1. Capai berat badan seimbang

Sepertinya ini merupakan resolusi favorit bagi setiap orang ya, karena selalu ada di daftar teratas pada setiap resolusi tahun baru, namun sekaligus juga merupakan resolusi yang paling cepat pula dilupakan.

Jadi, mengapa kamu tak menjadikannya sebagai resolusi yang tak gampang dikalahkan tahun depan, girls?

Langsung saja, tulis apa saja rencana kamu untuk mencapai berat badan ideal, dan pastikan resolusi ini bisa benar-benar kamu realisasikan di tahun 2019. Agar tak gampang dilupakan, tulis dan letakkan rencana-rencana kamu tersebut di tempat-tempat yang terlihat dengan jelas.

Di samping daftar rencana-rencana tersebut, tuliskan juga kalimat-kalimat atau kata-kata motivatif yang bisa memacu semangat kamu untuk mencapai berat badan seimbang.

 

2. Sehatkan kembali hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu

Penelitian menunjukkan orang dengan ikatan sosial yang kuat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Bahkan, kurangnya ikatan sosial dapat merusak kesehatanmu sebanyak penyalahgunaan alkohol dan merokok, dan bahkan lebih dari obesitas dan kurang olahraga. Demikian laporan dari sebuah studi 2010 di jurnal PLoS Medicine.

Makanya, girls, seiring tahun baru yang datang, songsong dengan kembali menghubungi teman-teman kamu, ataupun mungkin keluarga dekatmu yang kemarin sempat kurang kamu beri perhatian karena terlalu asyik hidup di dunia maya melalui media sosial.

BACA JUGA:  Hidup Lebih Baik dan Hepi dengan Menyingkirkan Benda-Benda Ini dari Lemari

 

3. Berhenti merokok

Jika sebelumnya kamu juga selalu gagal akan resolusi ini, maka jangan mau menyerah di tahun 2019 nanti.

Salah satu usaha yang barangkali bisa membantumu untuk berhasil berhenti merokok adalah dengan menemui beberapa mantan perokok, dan berdiskusi dengan mereka. Biasanya mereka akan dengan senang hati berbagi resep sukses berhenti merokok yang telah berhasil mereka lakukan.

Kamu juga bisa mencoba berbagai metode yang berbeda dan cari yang cocok. Setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk bisa menghentikan kebiasaan ini.

“Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihentikan,” kata Merle Myerson, MD, direktur Program Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di St Luke dan Roosevelt Hospital, di New York City. “Tapi saya selalu mempunyai cara jitu, yaitu dengan meminta mereka untuk membayangkan berapa banyak uang yang bisa mereka hemat karena tidak membeli rokok. Dan biasanya, cara itu sangat berhasil membuat mereka mau memikirkan ulang niat mereka.”

Hmmm, kamu barangkali bisa coba juga tuh, girls.

 

4. Sehatkan juga dompetmu

Ya, tak hanya kesehatan tubuh yang harus mulai kamu anggap serius sedari sekarang, namun juga kesehatan keuangan. Ubah gaya hidupmu ke gaya hidup yang lebih sehat sekaligus lebih hemat.

Berjalan atau naik sepeda ke kantor, misalnya, jika memang memungkinkan. Kamu juga bisa mengurangi bujet ke gym tiap bulan dengan berolahraga di rumah, atau sekadar jogging di seputar kompleks saja, dan lain-lain.

Cara menyehatkan dompet yang lain, misalnya dengan selalu membuat daftar belanja sebelum kamu butuh beli segala keperluan. Belanja tanpa rencana bisa memperburuk diet dompetmu.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

 

5. Kurangi stres demi jiwa yang lebih sehat

Sebaiknya kamu juga mulai untuk tidak meremehkan stres sekecil apa pun, karena, seperti yang kita tahu, stres tak baik untuk kesehatan. Terutama kesehatan jiwa, yang kemudian membawa pengaruh pada kesehatan tubuh. Stres dapat meningkatkan risiko insomnia, depresi, obesitas, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

“Kerja berjam-jam, kurang tidur, tak melakukan olahraga, pola makan yang buruk, dan tidak menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman, dapat memperburuk stres,” kata Roberta Lee, MD, seorang spesialis kedokteran integratif di Beth Israel Medical Center, di New York City.

“Stres adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan,” katanya. “Relaksasi, tidur, bersosialisasi, dan berlibur adalah hal yang selalu layak kita dapatkan, namun kita sendiri yang membuat hal-hal tersebut selalu tak bisa dilakukan.”

Jadi, girls, mari kita mulai merencanakan untuk sedikit berlibur mulai tahun depan.

 

6. Perbanyak kerja sosial

Kita selalu berpikir bahwa kebahagiaan terjadi saat kita dapat memperbaiki diri kita sendiri. Tapi, tahukah kamu, girls, bahwa kebahagiaan kita juga meningkat saat kita membantu orang lain?

Hal ini coba dijelaskan oleh Peter Kanaris, PhD, koordinator pendidikan publik untuk New York State Psychological Association.

Dan, tentu saja, kebahagiaan itu sangat baik untuk kesehatan kamu. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan, bahwa orang dengan emosi positif menurunkan risiko sekitar 20% terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang selalu dikelilingi oleh emosi negatif.

Penelitian lain menunjukkan bahwa emosi positif dapat membuat orang menjadi lebih tangguh dan mampu berpikir dengan jernih.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Jadi, rasanya akan menjadi resolusi tahun baru yang bagus jika kamu mulai mencari informasi mengenai pekerjaan sosial yang bisa kamu lakukan. Mungkin kamu bisa membantu di panti-panti asuhan atau panti jompo? Menjadi relawan di rumah-rumah singgah, atau menjadi relawan bagi lembaga yang khusus membantu anak-anak kurang mampu agar bisa bersekolah lebih baik?

 

7. Kembali ke sekolah

Berapa pun usiamu, kembali menempuh pendidikan bisa selalu menjadi resolusi tahun baru yang menyenangkan. Dengan kembali ke bangku kuliah atau sekolah, baik formal maupun nonformal, berarti kamu bisa mengembangkan kariermu. Kamu juga bakalan punya teman-teman baru, dan bahkan meningkatkan kemampuan otakmu.

Terlebih lagi, beberapa penelitian telah menghubungkan dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi, berarti kamu telah menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer lo.

 

Nah, sekarang kamu pasti tahu rencana apa saja yang ingin kamu lakukan di tahun 2019 nanti.

Selamat menuliskan resolusi tahun baru, dan semoga tahun 2019 menjadi tahun yang sehat buatmu ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: