7 Resolusi Tahun Baru 2019 untuk Keuangan yang Lebih Baik di Tahun Depan

BICARAPEREMPUAN.COM – Sebentar lagi masuk bulan Desember nih, girls. Tahun baru sudah di depan pintu. Apa kabar resolusi tahun baru kemarin? Sudah terlaksana semua?

Belum? Tak masalah. Kan masih ada tahun depan lagi. Selain beberapa resolusi tahun baru yang mungkin masih belum terlaksana, urusan finansial juga perlu diperbarui di tahun baru tuh, girls. Di antaranya mungkin mengurangi pemakaian kartu kredit dan perbanyak tabungan. Kalau tahu triknya, nggak akan sulit kok.

Yuk, coba!

 

Beberapa 7 resolusi Tahun Baru 2019 supaya keuanganmu lebih baik

 

Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi!

1. Buat perencanaan baru

Gaji kamu hanya numpang lewat di rekening? Selalu tinggal sisa napas satu-satu saja di pertengahan bulan? Bisa jadi, kamu terlalu sering berbelanja, tanpa memperhatikan prioritas.

Sebagai resolusi tahun baru 2019, mulai sekarang, coba deh lebih rajin mencatat semua pengeluaran, sekecil apa pun itu. Dari pencatatan ini kemudian kamu bisa melihat, berapa sebenarnya kamu mengeluarkan uang dalam sebulan.

Setelah itu, mulai buat perencanaan baru untuk keuangan pribadimu. Tentukan berapa banyak yang ingin ditabung per bulan. Jika memungkinkan, tingkatkan jumlahnya dari tahun sebelumnya.

 

2. Bayangkan hasil akhir

Sering kali kegagalan dalam menabung disebabkan oleh hal-hal kecil yang tak terduga, misalnya ada sale pas tanggal muda. Yang awalnya nggak berniat beli apa-apa, tiba-tiba saja memerlukan semua barang yang dijual di situ. Sukses deh memborong 3 baju karena harganya murah.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

Kalau kejadian ini sering kali terulang, maka sepertinya kamu perlu menentukan tujuan akhir keuangan pribadimu sekarang. Hal ini akan membantu kamu termotivasi. Misalnya, dengan menabung Rp 1.000.000 per bulan, di akhir tahun berarti tabungan akan menjadi Rp 12.000.000 kan?

Dengan jumlah uang sebesar itu, kamu bisa jalan-jalan ke Lombok selama beberapa hari. Ini tentunya akan jauh lebih menyenangkan ketimbang membeli 3 buah baju kan?

 

3. Pisahkan rekening

Jika kamu termasuk tipe orang yang sulit berkomitmen untuk menabung, buatlah rekening baru di bank. Ini untuk membedakan rekening gaji atau rekening kebutuhan sehari-hari dan rekening tabungan, girls.

Dengan demikian, setiap bulan setelah menerima gaji, kamu akan memiliki kewajiban untuk mengisi rekening tabungan baru ini. Agar bisa rutin menabung setiap bulan, mintalah pihak bank untuk mendebitkan langsung dari rekening sehari-hari ini sesuai dengan tanggal dan jumlah yang telah ditentukan.

Jika perlu, jangan membuat kartu ATM untuk rekening tabunganmu ini. Dan jika memungkinkan, mungkin lebih baik jika kamu membuka tabungan berjangka sekalian. Hal ini akan menghindarkanmu untuk menggunakan rekening tabungan untuk berbelanja.

 

4. Tabungan berjangka

Nah, ini nih, girls. Hampir sama dengan membuat rekening tabungan baru, tabungan berjangka juga bisa langsung didebit dari rekening utamamu pada setiap tanggal dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Kelebihannya lagi, tabungan berjangka ini ada jangka waktunya. Sehingga, bila kamu tergoda ingin tarik tunai, kamy nggak bisa melakukannya sesuka hatimu.

BACA JUGA:  Hidup Hemat Jadi Kocar-Kacir karena 5 Pengeluaran Kecil yang Sering Luput dari Perhatian Ini!

Jadi, tabunganmu akan lebih aman dan uang akan lebih cepat terkumpul kan?

 

5. Jangan sentuh bonus

Sudah waktunya dapat bonus? Atau dapat THR?

Jika biasanya kamu selalu menunggu uang bonus untuk digunakan pergi liburan atau membeli tas branded incaran, sekarang coba hilangkanlah kebiasaan tersebut, girls.

Buat perubahan dengan memanfaatkan bonus untuk menambah tabungan dan investasi. Bila jumlahnya lumayan, coba deh memanfaatkannya untuk berinvestasi emas. Ada baiknya kamu memilih emas dalam bentuk batangan saja atau koin ketimbang perhiasan, agar harga jualnya lagi tak terlalu jauh berbeda.

Tenang, emas batangan ini biasanya tersedia dalam jumlah gram yang berbeda kok, jadi bisa disesuaikan dengan bujetmu. Atau kamu bisa langsung saja menabung emas di pegadaian. Lebih praktis kan?

 

6. Garage sale

Ingin mengganti handphone yang sudah tak bersahabat dengan yang baru, tapi tetap ingin menabung?

Coba deh ajak siapa pun–adik, kakak atau saudara dan teman-temanmu–untuk mengadakan garage sale. Ini saatnya memilih kembali barang-barang yang masih dibutuhkan dan yang tidak. Tak hanya baju saja, tapi juga bisa berbagai macam barang, misalnya tas, sepatu dan aksesoris.

Jika kualitas barangmu masih bagus, kamu bisa menjualnya dengan harga lumayan lo. Nah, hasil penjualan garage sale ini bisa dimanfaatkan untuk tambahan membeli kebutuhan, sehingga aktivitas tabungan bulanan kamu masih bisa tetap berjalan dengan aman.

BACA JUGA:  Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

 

7. Aktif di social network

Bisa dibilang, kini social network juga menjadi salah satu pusat informasi bagi banyak orang. Betul, girls? Kamu juga bisa memanfaatkannya. Salah satunya, misalnya dengan Twitter.

Banyak ahli keuangan yang mempunyai akun Twitter, mulailah dengan mem-follow mereka. Biasanya mereka akan berbagi tips dalam mengelola keuangan melalui tweets mereka. Selain bisa dipelajari, kamu juga bisa kok mengajukan pertanyaan.

Jika beruntung, pertanyaan Mama akan langsung mendapat tanggapan. Nah, jadinya tanpa perlu membayar, kamu akan mendapat ‘bantuan’ dari beberapa financial planner terkenal sekaligus. Kamu pun semakin termotivasi untuk lebih banyak menabung.

 

Gimana, girls? Sudah benar-benar siapkah kamu menyambut tahun baru 2019? Dengan resolusi tahun baru yang lebih realistis dan doable di atas, pastinya keuangan kamu akan lebih baik deh di tahun depan.

Semoga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.