Karakter

5 Langkah Semakin Percaya Diri Kapan Saja di Mana Saja

Rasa percaya diri ibarat kekuatan super, yang membuat siapa pun bisa menaklukkan dunia. Ini waktunya kamu memilikinya pula.

BICARAPEREMPUAN.COM – Perempuan yang percaya diri tidaklah takut menjadi dirinya sendiri, ataupun meragukan apa yang dapat dilakukannya.

Namun, ketika kepercayaan diri itu terusik, apa yang bisa kita lakukan?

Coba lakukan 5 langkah berikut agar kamu semakin percaya diri di mana saja

Jangan Diam

Waspadalah! 7 Tipe Teman ini Bisa Bikin Bangkrut!

Berbagai riset menunjukkan, krisis kepercayaan diri berperan signifikan dalam memengaruhi perempuan untuk berani melangkah maju dalam berbagai aspek kehidupan. Padahal belum tentu kita kalah dari para pria.

Penelitian dari Institute of Leadership and Management di Inggris tahun 2011 terhadap para manajer di sana membuktikan, bahwa hasilnya separuh responden perempuan melaporkan adanya keraguan diri terhadap kinerja dan karier mereka sendiri. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kurang sepertiga total responden pria.

Well, kesuksesan memang berhubungan dengan rasa percaya diri, sama seperti kompetensi. Kalau level percaya diri rendah, maka kesuksesan pun berbanding lurus. Namun, kabar baiknya, rasa percaya diri bisa dibangun.

Caranya bagaimana?

Ketika seseorang beranggapan bahwa mereka mampu melakukan sesuatu dengan baik, terlepas dari kemampuan mereka yang sesungguhnya, mereka akan menampilkan sikap percaya diri baik secara verbal maupun nonverbal.

So, saat rasa kurang percaya diri melanda, ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri, ‘Apa yang bisa dan akan saya lakukan untuk mengatasinya?’ Gunakan pikiran negatif itu justru untuk memompa semangat diri sendiri untuk bertransformasi menjadi lebih baik.

Jangan hanya diam, dan bahkan mundur dari sesuatu, hanya karena kurang percaya diri.

Kenali diri

Menghadiri Acara Sendirian Tanpa Mati Gaya dan Tetap Pede? Bisa Dong!

Hanya kitalah, girls, yang bisa mengubah nasib diri sendiri, termasuk dalam hal membangun kepercayaan diri. Menguak kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah langkah pertama untuk melakukannya.

BACA JUGA:  Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Yang pertama harus kita lakukan adalah menemukan kelebihan diri sendiri. Setelah mengenalinya, gunakanlah untuk mendukung hal-hal yang kita lakukan sehari-hari.

Yang kedua dan nggak kalah pentingnya adalah menemukan kekurangan diri sendiri. Kemudian, jangan hanya berhenti dan menerima saja kekurangan kita. Berusahalah untuk memperbaikinya.

Katakan pada diri sendiri, ‘Saya bisa melakukannya!’ dan yakinilah sepenuh hati!

Jangan lupa juga untuk meminta masukan dari orang lain, dan berusaha menempatkan diri di tengah orang-orang yang percaya pada kemampuan kita. Stay in positive surrounding!

Menurut G. Richard Shell dari The Wharton School, ketika kita dipuji oleh seseorang yang kita hormati, maka kita cenderung akan memercayainya. Hal ini menciptakan sesuatu yang namanya self-fulfilling prophecy. Ketika meyakini bahwa kita dapat melakukan sesuatu, maka kita pun akan berusaha lebih keras. Ketika orang lain percaya pada kita, mereka juga akan lebih keras mendorong kita.

Dua hal ini membuat kita dapat melakukan banyak hal dengan lebih baik, sehingga tak ada alasan lagi bagi kita untuk nggak percaya diri.

Tak harus sempurna

5 Langkah Semakin Percaya Diri Kapan Saja di Mana Saja

Dari semua hasil penelitian mengenai perempuan dan krisis kepercayaan diri, hampir semuanya pula mempunyai kesimpulan yang sama. Yaitu bahwa perempuan perlu untuk berpikir terlalu banyak, dan harus segera bertindak.

Tapi, ternyata itu susah juga ya. Iya nggak, Ma?

Helene Lerner, si penulis buku The Confidence Myth: Why Women Undervalue Their Skills, and How to Get Over It, mengungkapkan bahwa, perempuan terlalu sering menahan diri untuk meraih kesempatan berharga yang datang. Mereka cenderung memilih untuk menunggu hingga semua siap, dan telah merasa benar-benar mampu.

Dan karena terlalu sering menahan diri ini, maka akhirnya banyak perempuan merasa kecewa saat usaha mereka tak berhasil. Akibatnya, level pede pun ikut merosot.

BACA JUGA:  Waspadalah! 7 Tipe Teman ini Bisa Bikin Bangkrut!

Sisi lainnya, nggak sedikit penelitian menyebutkan bahwa, perfeksionisme merupakan karakteristik khas perempuan. Masih dari penelitian Lerner pada 500 perempuan bekerja, dia menemukan bahwa, nggak sedikit perempuan menunggu sampai mereka merasa 100% yakin pada diri sendiri sebelum mengambil langkah besar dalam karier.

Sayangnya, hal tersebut justru yang membuat mereka sering kehilangan peluang.

Ukur diri dengan kerja

4 Tipe Pekerja yang Selalu Ada di Setiap Kantor - Kamu Termasuk yang Mana?

Semua orang selalu ingin melakukan hal yang benar. Tapi bukan berarti memperbolehkan rasa takut gagal menghalangi kita untuk mencoba hal baru. Mungkin ada hal yang meleset dari rencana, katakanlah ada kesalahan di tengah prosesnya, tapi selama ada hikmah yang bisa kita ambil, kita tak bisa menyebutnya sebagai kegagalan.

Berfokus pada proses pembelajaran seperti ini, nggak cuma akan membuat kita lebih mudah menerima kegagalan, tapi juga semakin menguatkan rasa percaya diri.

Mendapatkan hasil yang nggak sesuai dengan harapan bukan berarti menjadi bukti mutlak akan ketidakmampuan kita, girls, melainkan menjadi tolok ukur seberapa jauh kemajuan yang sudah kita capai sejauh ini.

Prof. Carol Dweck, seorang psikolog dari Stansford University dan penulis buku Mindset: The New Psychology of Success, menyarankan agar kita mengukur diri kita sendiri dengan usaha kita, bukan dengan hasilnya, girls.

Kita patut berbangga atas hasil apa pun yang sudah kita raih, yang berasal dari kerja keras, bahkan jika usaha tersebut harus berakhir dengan kegagalan.

Sedangkan, jika kita sukses, tentunya hal tersebut akan menjadi oase ketika rasa percaya diri kita surut, sekecil apa pun kesuksesan itu. Catatlah pencapaian-pencapaian kita sejauh ini, kumpulkan apresiasi dari orang lain atas hasil kerja keras kita.

Nggak cuma untuk membangkitkan semangat ketika rasa percaya diri merosot, namun daftar prestasi kita kini juga dapat berguna sebagai bekal membangun karier kita.

BACA JUGA:  Ingin Jadi Orang Sukses? Simak Rahasia Aktivitas 5 Orang yang Berhasil dalam Hidupnya!

Pentingnya tampil prima

Ini Dia 6 Kesalahan Baju Kerja yang Sering Dilakukan oleh First Jobber Menurut Para Pakar Fashion

Pakaian merupakan bentuk ekspresi diri, ada hal-hal yang secara langsung dapat kita tunjukkan mengenai siapa diri kita sebenarnya dalam apa yang kita pakai sehari-hari.

Memang, girls, terciptanya rasa percaya diri nggak cuma berasal dari penghargaan terhadap diri sendiri saja, tetapi juga dari kebebasan mengekspresikan diri secara fisik. Sehingga faktor penampilan pun nggak bisa dilepaskan dari pembentukan kepercayaan diri ini.

Penampilan seseorang akan berdampak pada kehidupan pribadi, sosial, dan profesionalnya. Hal-hal yang dirasakan dalam hati akan turut terpancar keluar. Begitu pun sebaliknya.

Banyak perempuan yang akan merasa awal harinya sempurna saat dia berhasil menemukan perpaduan yang cocok untuk penampilannya hari itu, mulai dari bajunya, roknya, sepatunya, tasnya, hingga riasan wajah.

So, find your own style, girls, agar kamu dengan lebih mudah memutuskan penampilan di hari sibuk tanpa harus bingung lagi memadumadankan semuanya lagi.

So, gimana, girls? Siap untuk melejitkan rasa percaya diri kamu lagi setelah membaca artikel ini? Good for you!

You go, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: