Karakter

Setiap Pagi, Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Harimu Selalu Indah

Setiap pagi menjadi awal hari, kamu bisa memilih: akan menjalankan hari ini sebagai salah satu hari indah, atau sebaliknya. Mana yang kamu pilih?

BICARAPEREMPUAN.COM – Hi, girls! How’s your day?

Semoga hari ini semua berjalan mulus dan menyenangkan ya! Sahabat kamu yang moody itu sedang dalam mood yang baik, teman-teman di grup sedang riang, bos lagi senang, klien-klien mengantre.

Ah! What a perfect day!

Tapi, gimana kalau yang terjadi justru sebaliknya? Sudah bangun kesiangan, mau mandi air macet, bad hair/hijab day, teman-teman menghilang, ketinggalan bus, dimarahin atasan, klien ngomel-ngomel …. Duh! Rasanya lebih baik menghadapi para ‘penampakan’ di acara uji nyali dan membuat para makhluk halus itu melambaikan tangan ke kamera, deh!

Baiklah, jangan dulu mencakar-cakar tembok ya. Coba deh, lakukan beberapa hal berikut setiap pagi, sehingga kamu siap menghadapi apa pun tantangan hari ini. Dengan demikian, harimu pun akan tetap indah dan baik adanya, apa pun keadaannya.

9 Langkah Setiap Pagi untuk Hari yang Lebih Indah

Menjadi Diri Sendiri yang Lebih Baik di Tahun 2020 Itu Mudah Kok!

1. Morning gratitude

This is the most important one!

Bersyukur itu adalah cara paling positif untuk menyikapi hidup. Apalagi jika kamu lakukan setiap pagi, segera setelah kamu membuka kelopak mata dan kembali menyapa dunia.

Dengan memanjatkan segala puji pada Tuhan pencipta alam serta berterima kasih atas segala kenikmatan yang telah dianugerahkanNya padamu, otomatis bibir akan menyunggingkan senyum. Kamu akan mengingat kembali semua hal yang sudah kamu dapatkan, dukungan orang tua, keindahan bunga di taman, dan lain sebagainya.

Biarkan para malaikat yang sedang turun ke bumi menyaksikan, kemudian menyampaikan salammu pada sang Maha Baik, agar Dia segera menurunkan hari yang indah untukmu.

A little gratitude and a sweet smile is a perfect way to start a day!

2. A piece of mind

Selain mensyukuri segala karunia dalam doa setiap pagi, kamu juga bisa menulis untuk berterima kasih kepadaNya.

Ambil secarik kertas, dan tulis segala pencapaian pribadi yang sudah diraih selama ini, misalnya, “Menang tender untuk proyek terbaru perusahaan.”, atau,”Done chapter 3 of my try-to-publish novel.”, dan, “Berhasil meyakinkan teman-teman hangout untuk mengganti acara kongko di cafe menjadi bakti sosial di panti asuhan.”.

BACA JUGA:  6 Tahap untuk Mempertahankan Jati Diri agar Selalu Bisa Menjadi Diri Sendiri

Selain itu, kamu juga boleh menuliskan apa pun itu yang belum sempat terlaksana, dengan tujuan sebagai reminder alam bawah sadar, seperti, “Ambil S2 kelas karyawan.”, atau“Ikut kursus pastry untuk bikin sendiri kue ultah pacar.”.

Kapan pun ada waktu, kamu bisa membuka catatannya kembali, atau bahkan ingat dengan sendirinya. Simpan semua dalam tulisan, karena percaya atau tidak, menulis itu mampu membuat tersenyum dan menaikkan semangat lo!

3. Meditation

Meditasi pada dasarnya hanyalah berdiam diri untuk menyadari keberadaan kita dan alam.

So, just close your eyes and do nothing except breathing. Lakukan hal ini setiap pagi sebelum kamu beraktivitas

Ya, jangan memikirkan apa pun, kecuali membuka seluruh panca indra untuk menerima keindahan di sekitar, dengan kepasrahan akan kebesaran Tuhan.

Bila masih kurang bisa berkonsentrasi dan masih kepikiran tagihan utang kartu kredit, segera tarik napas dalam dan mulai menghitung setiap kali selesai mengembuskan napas. Simple as that!

5 Cara Belajar Menjadi Diri Sendiri

4. Take a deep breath

Another important one–untuk dilakukan setiap pagi–is getting some fresh-healthy air into your lung.

Nah, segeralah melipir ke beranda, dan bentangkan tangan ke samping. Sila nikmati segarnya oksigen yang disediakan gratis bagi hambaNya.

Oya, ada satu tips bagus yang ada di buku Pernapasan Jos Usin, yaitu dengan berhitung setiap kali mengambil dan mengembuskan napas.

Pertama, hirup udara sebanyaknya ke dalam paru-paru, dan biasanya kamu akan terbatuk. Yup, di dalam organ vital yang satu itu memang terdapat banyak kuman. Bersihkan dengan beberapa kali tarikan dan batukan ya, lalu mulai berhitung. Sebaiknya, hitungan tarikan dan hembusan napas itu 1 : 2, misalnya 4 hitungan saat menarik, dan 8 hitungan saat mengembuskan napas. Lakukan pelan, namun teratur untuk memperbesar semua otot dalam paru-paru. Dengan otot paru-paru yang kuat, tercapai jiwa yang sehat!

BACA JUGA:  10 Cara Merilekskan Pikiran di Malam Hari

5. A tree pose

Buat yang tidak punya waktu untuk olah raga pagi (baca: malas), bagaimana kalau ‘hanya’ berpose pohon selama dua-tiga menit?

Tree pose adalah salah satu dari bermacam pose yoga yang banyak direkomendasikan. Caranya hanya dengan mengangkat sebelah kaki dan menempelkan telapaknya ke paha bagian dalam kaki sebelahnya lagi. Lalu angkat kedua tangan dan tangkupkan di atas kepala.

Sudah, begitu saja, mudah bukan?

Filosofi dari pose ini adalah bahwa manusia harus berusaha menyeimbangkan diri secara fisik, mental, dan spiritual. Seperti pepohonan yang berdiri kokoh dengan menancapkan akarnya di dasar bumi, dan daun-daun di atas sana yang berserah pada pembawaan alam,

Kamu pun harus mampu bersikap tangguh sekaligus pasrah dalam menjalani kehidupan. Setuju ya?

6. A series of Surya Namaskar

Kalau yang ini, hanya bagi yang punya waktu untuk berolah raga, karena merupakan serangkaian gerakan yang berkesinambungan. Looks hard, tapi belum tentu susah kok (loh?!).

Kebiasaan setiap pagi: surya namaskar

Satu seri asana (gerakan) yoga ini merupakan cara yang cukup baik untuk mempertahankan keindahan tubuh, sekaligus membantu meraih keseimbangan jiwa dan raga. Yuk, girls, perhatikan baik-baik langkah-langkah mudahnya seperti di gambar, dan coba untuk dilakukan setiap pagi dengan perut yang masih kosong.

Hasilnya? Sesuai dengan prinsipnya, yoga is when balance, power, and grace meet!

7. Showery bath

Setelah sedikit berkeringat dengan beberapa aktivitas setiap pagi, tiba saatnya untuk mandi.

Berdirilah di bawah pancuran dan biarkan kulit menerima sejuknya air di pagi hari. Yes, mandinya pakai air dingin ya, jangan di-switch ke air panas.

Air dingin selain mampu untuk membuat seluruh indra terjaga, konon juga dapat membuat awet muda.

8. Breakfast, of course!

Sarapan setiap pagi itu sangat penting, jangan sampai terlewat!

Kecukupan asupan di pagi hari akan meningkatkan kinerja fisik berikut otak, yang pada gilirannya akan sangat diperlukan dalam menghadapi hari.

Awali dengan mengunyah sepotong-dua potong buah sebelum menyikat gigi, karena air liur pagi yang bertemu enzim buah itu adalah obat alami segala jenis kanker. Diamkan setidaknya sepuluh menit sebelum mengisi perut dengan makanan seimbang yang cukup karbohidrat dan proteinnya.

BACA JUGA:  Lebih Percaya Diri Tanpa Insecure dengan 7 Tip Jitu Ini

Biarkan organ di perut mencerna dengan urutan yang benar, karena buah dan sayur itu sejatinya lebih mudah diolah dibanding dengan nasi dan lauk-pauknya.

Dengan pola sarapan seimbang, tentu kesehatan berada dalam genggaman. Vitamin serta mineral akan menangkal radikal bebas, kadar gula dalam karbohidrat akan menjadi sumber energi, dan protein akan mendukung pertumbuhan sel.

Setiap Pagi, Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Harimu Selalu Indah

9. Cuppa coffee and a slice of motivation

Mmmh, this one is splendid!

Buat kopimu setiap pagi. Enggak mesti harus ke coffee shop, kamu bisa membuat kopi sendiri juga di rumah.

Wangi gilingan biji hitam seduh itu benar-benar seperti booster yang disampaikan oleh indra penciuman kepada sang otak, yang secara instan mampu menggugah semangat, even before you drink it!

Setelah itu? Buka portal langganan yang berisi kalimat-kalimat motivasi, atau sebuah motivation page yang kamu kasih jempol di media sosial.

Beauty is not in the face. It is the light in your heart.

Kahlil Gibran

Hmmm, sepotong kalimat itu pasti cocok dengan secangkir kopi yang sedang dinikmati setiap pagi yes?

And then, enjoy your day now, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: