Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

BICARAPEREMPUAN.COM – Memiliki dana darurat itu memang sangat penting buat kita ya, girls! Karena kita nggak pernah tahu kapan akan menghadapi situasi genting yang membutuhkan banyak biaya.

Katakan saja, kalau kita tiba-tiba sakit. Kalau nggak ada dana darurat, bisa-bisa kita nggak mampu membayar biaya rumah sakit. Atau, harus menanggung utang kartu kredit yang terlalu banyak, kalau kamu menggunakan kartu kredit.

Dana ini penting banget ya, girls. Dan kalau sampai sekarang, setelah beberapa lama kamu sudah bekerja, kamu belum menyiapkan dana darurat, nah, sekarang saatnya kamu mulai memikirkannya.

Tapi, gajinya pas-pasan nih. Gimana cara bikin dana darurat ini?

Well, dana ini bisa kita buat dari mana saja, bahkan dari nominal kecil lo! Nggak percaya? Coba simak membuat dana darurat ala BiPer berikut ini ya!

 

10 langkah untuk mulai membuat dana darurat buat kamu, para perempuan pekerja

 

Membuat dana darurat

  1. Hitung jumlah pengeluaran setiap bulan. Enggak lagi bikin dana darurat pun, hal ini penting untuk kamu lakukan ya, girls, demi bisa mengontrol dan memonitor pengeluaranmu setiap bulannya. Jadi, mulai bulan ini, coba deh biasakan untuk mencatat uang yang keluar masuk dompet kamu.
  2. Kalau kamu sudah bisa membuat perhitungan biaya hidup kamu setiap bulan, maka kamu pun bisa memperkirakan berapa besar dana yang harus kamu penuhi. Para pakar keuangan menyarankan, untuk membuat tabungan dana darurat yang besarnya 3 – 6 kali dari biaya hidup per bulan. Ini yang paling safe, girls.
  3. Sisihkan dana sedikit demi sedikit dari pendapatan bulanan. Kamu bisa membuat target waktu, misalnya dana darurat kamu harus sudah terpenuhi dalam 2 tahun. Maka, kamu pun bisa memperkirakan seberapa banyak kamu harus menyisihkan uang setiap bulannya.
  4. Simpan dana dalam bentuk rekening pasar uang, rekening tabungan berbunga tinggi, dan reksadana pasar uang. Ini akan lebih menguntungkan ketimbang kamu simpan sebagai tabungan biasa, apalagi kalau cuma kamu simpan di bawah bantal.
  5. Perlakukan dana darurat sebagai salah satu tagihan yang harus dibayar setiap bulan agar kamu termotivasi untuk memenuhinya sesuai target.
  6. Kurangi alokasi anggaran yang tidak krusial untuk mempercepat terkumpulnya dana darurat. Misalnya, kurangi acara ngopi setiap dua hari sekali yang selalu kamu lakukan bareng teman-teman kerjamu. Mendingan ngopi sendiri saja di rumah masing-masing. Kurangi makan di luar, mendingan kamu masak sendiri. Kan ada resep-resep praktis ala BiPer tuh! Nanti BiPer tambahin lagi lebih banyak ya, resep praktisnya!
  7. Simpan uang receh yang diterima sebagai kembalian saat bertransaksi, karena jika dikumpulkan bisa menjadi tabungan juga. Lumayan banget lo, girls!
  8. Batasi akses terhadap rekening dana darurat agar tak tergoda menggunakannya. Istilahnya, simpan lalu lupakan.
  9. Jangan habiskan bonus, tunjangan hari raya, atau lainnya. Lebih baik masukkan ke rekening dana darurat ini, girls.
  10. Evaluasi jumlah pengeluaran dan pendapatan setahun sekali dan buat revisi anggaran dana darurat sesuai dengan kondisi yang terjadi saat itu.
BACA JUGA:  Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

Nah, gimana? Memang butuh niat yang besar untuk bisa memenuhi target untuk membangun dana darurat kamu sendiri ya.

Tapi, yakin deh. Kalau kamu punya dana ini, hidupmu akan lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.