Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

BICARAPEREMPUAN.COM – Barangkali salah satu ketertarikanmu adalah investasi dalam wujud properti, girls? Atau bahkan mungkin salah satu mimpi terbesarmu adalah punya rumah sendiri. Kalau memang demikian, yuk, siapkan DP rumah sejak sekarang!

Apa? Sejak sekarang? Tapi kan masih kuliah, walaupun sudah tahun-tahun akhir. Atau, baru juga memulai karier, gaji belum sebesar itu. Memangnya cukup untuk DP rumah? Apalagi sekarang, saat harga properti gila-gilaan?

Hmmm, menurutmu memangnya harga properti tahun depan akan menurun sehingga lebih bisa dijangkau, girls? Enggaklah! DP rumah juga akan semakin naik seiring bunga bank dan inflasi, meski seiring juga dengan meningkatnya gajimu.

Karena itu, kalau tak segera kamu mulai atur keuanganmu sejak sekarang, kapan lagi kamu akan bisa mendapatkan rumah impian kamu sendiri? Masa mau kontrak terus? Masa mau mengandalkan suami? Masa mau tinggal bareng orang tua terus? Iya nggak sih?

Bisa kok, girls, di usia muda seperti kita ini pengin punya rumah sendiri. Kamu hanya perlu punya strategi. Mau tahu apa saja strateginya? Well, nggak terlalu gimana-gimana kok. Yang penting, 5 hal berikut ini harus selalu kamu perhatikan, dan kamu harus punya disiplin diri yang kuat. Selanjutnya, pasti DP rumah impian bisa kamu penuhi.

BACA JUGA:  Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan

 

Ini dia beberapa langkah awal untuk menyiapkan DP rumah impian kamu

Siapkan DP rumah sejak usia muda
Siapkan DP rumah sejak usia muda. Image via Martyn Gerrard.

 

1. Hitung DP

Tentukan perkiraan waktu, kapan tepatnya kamu pengin membeli rumah.

Hitung jumlah uang muka atau DP rumah yang dibutuhkan di target tahun kamu akan membelinya, plus cek kenaikan harga rumah setiap tahunnya, sehingga kamu tahu berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulan.

Kadang bank juga mempunyai aplikasi simulasi KPR, kamu bisa memanfaatkannya hanya untuk mengetahui secara lebih pasti, tanpa harus benar-benar apply kredit bank. Biasanya di mesin ATM ada, girls, aplikasi ini. Coba deh kamu cek ya.

 

2. Rekening terpisah

Nah, salah satu cara agar kamu bisa “menjaga” disiplin diri adalah dengan membuat rekening terpisah khusus untuk DP rumah, sehingga tabungan nggak dipakai untuk keperluan lain.

Memang ini akan sedikit lebih ribet dan menambah administrasi bank, tapi demi kedisiplinan dan tercapainya mimpi kamu, ya kenapa enggak? Betul kan? Kalau perlu, coba kamu buat saja tabungan berjangka sehingga akan lebih aman.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

 

3. Sistem autodebit

Agar lebih praktis lagi, untuk menyisihkan uang demi DP ini, gunakanlah sistem menabung autodebit yang otomatis memotong dana kamu setiap bulan di rekening tabungan biasa.

Hal ini akan bisa membuatmu jadi lebih konsisten menabung.

 

4. Simpan uang kaget

Jika mendapatkan penghasilan tak terduga seperti bonus atau fee apa pun, jangan langsung digunakan untuk kebutuhan harian, girls. Apalagi hanya buat belanja-belanji karena kamu mupeng sale ini dan itu, yang akhirnya hanya membeli barang-barang yang hanya kamu timbun di lemari lagi dan lagi.

Ingat, girls, disiplin diri! Lebih baik simpanlah dalam tabungan. Uang ini akan berguna untuk mempercepat target kamu dalam mendapatkan DP rumah di usia muda.

 

5. Hidup hemat

Kecilkan beberapa pengeluaran yang tak perlu, seperti misalnya ongkos hangout bareng BFF kamu, shopping, dan biaya hobi kamu. Oke, mungkin hobi masih perlu kamu lakukan demi mengelola stres, tapi jangan sampai lepas kendali ya. Perhitungkan juga dengan target kamu akan rumah impianmu.

BACA JUGA:  Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

Begitu pun dengan rekreasi. Ini memang penting banget agar kamu tetap hepi menjalani hari-harimu, tapi pilihlah rekreasi yang ramah di tabungan kamu, sementara kamu masih harus mengejar targetmu.

You can do it!

 

Nah, semoga DP rumah impian segera terwujud ya, girls! Yuk, kita tentukan masa depan kita sendiri dengan pengelolaan uang yang lebih baik!

One thought on “Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.