Siasati Pengeluaran Belanja Baju dengan 8 Siasat Cerdas Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Sebagian besar perempuan pasti suka menghabiskan waktu untuk belanja yes? Terutama sih untuk belanja baju. Ha! Kamu juga ya, Ladies?

Yah, sudah dari sononya kali ya, girls? Namun, pastinya kita mesti belanja sesuai dengan dana yang ada dong ya?

 

Berikut tip yang bisa membuat acara belanja baju kamu nyaman, tanpa takut melebihi bujet.

 

Siasati pengeluaran belanja baju
Siasati pengeluaran belanja baju
  1. Belanja di waktu yang tepat

Hal ini penting, karena biasanya di waktu-waktu tertentu pusat perbelanjaan memberikan diskon besar-besaran. Misalnya, saat akhir tahun, awal tahun, menyambut Lebaran atau Natal, dan bahkan waktu libur panjang anak sekolah.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan midnight sale. Di beberapa mal besar, acara ini sangat ditunggu-tunggu lo, bahkan para happy shopper ini rela antre demi diskon besar-besaran itu!

Kathryn Finney, penulis How to Be a Budget Fashionista, menyebutkan bahwa hari yang tepat untuk berbelanja adalah Kamis malam. Kok? Ya, soalnya toko akan punya pilihan yang jauh lebih baik saat hari kerja, girls. Saat weekend, kamu hanya akan mendapatkan barang-barang sisa, karena toko sudah nggak punya waktu untuk restock.

Pada hari Kamis malam, banyak sale akhir pekan sudah dimulai dan semua tersedia baru. Menurut Kathryn, akan sangat bijaksana jika kita menunggu masa sale tiba.

Sedangkan, waktu terbaik untuk membeli barang yang disuka adalah 6-8 minggu setelah barang tersebut menghiasi rak new arrival, karena harga barang akan turun ke harga terendah di akhir musim penjualan.

Tuh! Kamu pasti baru tahu kan, girls? Mesti dicoba nih!

 

  1. Tahu tempat berbelanja

Pakaian yang bagus dan sesuai untukmu nggak hanya selalu yang ada dalam toko-toko desainer mal-mal besar, atau butik populer saja lo!

BACA JUGA:  Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan

Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa pakaian yang bagus dan cocok itu bisa saja ada di butik terpencil di dalam sebuah mal.

Menjaga pikiran agar tetap terbuka benar-benar akan memungkinkanmu untuk menggali banyak tempat tersembunyi yang dapat menunjang penampilan makin sempurna.

Cobalah keluar dari zona kenyamanan belanja baju yang biasanya, dan berusaha untuk menjelajah tempat baru. Jangan ragu untuk mengunjungi toko barang antik, garage sale, pasar loak, bahkan toko-toko yang terkenal sebagai tempat yang ketinggalan zaman.

Ingat, kamu nggak pernah tahu di mana bisa mendapatkan busana yang bagaikan “permata” namun tetap murah, yes?

 

  1. Toko online

Belanja online dapat menjadi langkah terbaik agar kita tetap bisa mengatur keuangan dengan membeli semua kebutuhan.

Tapi, sebelum melakukannya, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  • Mendaftar di situs yang menawarkan voucher diskon online untuk berbagai macam toko, sehingga kamu akan menerima email ketika ada produk yang lagi di-sale.
  • Ada banyak situs diskon online desainer yang menampilkan pakaian dan aksesoris dengan diskon sampai 80%.
  • Banyak situs yang menawarkan kesempatan bagi kita untuk mengatur harga dan pastinya kita hanya membayar apa yang kita maui saja. Ebay misalnya.
  • Kebanyakan toko online menawarkan diskon pada pembelian barang yang kesekian kalinya. Sebagai pembeli, pastinya kamu dapat mengambil keuntungan dari cara ini dengan membeli barang cukup untuk memenuhi syarat mendapatkan diskon terbaik dan pengiriman gratis, yes?
  1. Manfaatkan busana lama

Jika anggaran tak ada, jangan kesampingkan busana di bagian belakang lemari pakaianmu juga, girls. Tren mode itu kan berputar saja. Menjaga pakaian lama tetap terawat akan membantumu saat sedang bosan dengan tren-tren terbaru.

BACA JUGA:  Hidup Hemat Jadi Kocar-Kacir karena 5 Pengeluaran Kecil yang Sering Luput dari Perhatian Ini!

Jika nggak juga menemukan sesuatu yang disuka dalam lemari pakaian, coba variasikan dengan cara mengombinasikan dan mencocokkan pakaian dan aksesori. Hal ini bisa membuatmu tampil cantik tanpa merogoh kantong terlalu dalam.

Meskipun mungkin pada awalnya kamu nggak suka dengan satu model pakaian yang ditemukan, terkadang dengan tambahan barang paling sederhana dapat terlihat luar biasa kalau dipadukan dengan baik.

Perubahan yang terkecil, seperti gulungan manset, atau hanya dengan menaikkan kerah, juga dapat membuat perbedaan besar untuk tampilan prima secara menyeluruh.

 

Siasati pengeluaran belanja baju
Siasati pengeluaran belanja baju
  1. Membeli pakaian dasar

Meskipun mungkin tampak membosankan untuk menghabiskan anggaran pada pakaian dasar, namun hal ini benar-benar akan membuat dompetmu aman dalam jangka panjang.

Warna-warna netral, barang-barang pokok dan kain yang layak, seperti celana panjang hitam atau abu-abu, kemeja putih dan celana jeans biru tua akan awet sepanjang tahun (bahkan mungkin sampai 10 tahun ke depan).

Juga sebuah kardigan sederhana atau celana jeans polos yang nggak pernah ketinggalan zaman. Bisa dipakai kapan saja, di mana saja bukan?

 

  1. Gunakan aksesoris

Investasi dalam aksesoris adalah cara yang bagus untuk menambah koleksi lemari pakaian tanpa menghabiskan banyak uang, girls.

Aksesoris akan mengubah tampilanmu sesegera mungkin dengan modal yang nggak banyak. Memakai celana jeans yang sama dan T-shirt polos selama seminggu penuh, tetapi dengan aksesoris berbeda akan sangat membantu.

BACA JUGA:  Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

Carilah perhiasan seperti kalung besar, syal biasa, atau ikat pinggang cantik. Pastinya, apa pun yang akan mengubah penampilan pakaian dan menambahkan kesan “wow” pada setiap kesempatan menjadi nilai tambah untuk Mama.

 

  1. Kualitas bukan kuantitas

Lebih baik bisa memilih dan belanja baju yang terbaik dan bisa dipakai selama bertahun-tahun, sampai benar-benar berantakan, ketimbang membeli pakaian murah yang nggak awet.

Untuk mendapatkan kenyamanan, kadang kita memang harus menyiapkan uang tambahan ya, girls. Misalnya saja, kain yang baik kualitasnya akan awet sampai kapan pun dan nggak akan kehilangan bentuk dan warnanya. Meski mungkin lebih mahal, tapi hal ini akan membuatmu berhemat dalam waktu panjang.

 

  1. Hindari “lapar mata”

“Lapar mata” merupakan kebiasaan buruk yang sering mengakibatkan penyesalan karena membeli barang-barang yang nggak penting dan nggak pas.

Tanamkan self control pada dirimu. Yakinlah, dengan hanya membeli barang yang diperlukan, kamu akan menghemat banyak rupiah.

 

Jadi, gimana, girls? Siap belanja baju sekarang? Sudah yakin kalau kamu butuh baju baru? Kalau iya, yuklah, belanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.