Bisnis & Karier Kecantikan

5 Sikap Penghalang Sukses yang Seharusnya Kamu Minimalkan

Kamu merasa selalu gagal? Mungkin karena kamu memiliki beberapa sikap penghalang sukses ini.

BICARAPEREMPUAN.COM – Sikap dan kepribadian kita adalah kunci dari kesuksesan. Bahkan para peneliti menemukan bahwa sikap seseorang bisa menjadi kadar penentu kesuksesan yang lebih baik ketimbang IQ, gelar akademik, prestasi pendidikan, dan berbagai faktor lainnya.

Percayakah kamu akan hal ini, girls?

Well, sebaiknya sih kamu mulai percaya aja, girls. Karena mereka yang memiliki pandangan hidup positif lebih sehat akan memiliki hubungan yang lebih baik, dan melangkah lebih baik dalam kariernya.

Nah loh.

Terus apa saja sih sikap penghalang sukses yang bisa bikin karier kita mentok ini? Mari kita lihat.

5 Sikap Penghalang Sukses

5 Sikap Penghalang Sukses yang Seharusnya Kamu Minimalkan

1. Negative thinking

Hampir setiap saat, otak kita mungkin dipenuh dengan berbagai pikiran buruk dan sikap pesimis.

Misalnya saja, ketika atasan memberi tugas baru. Alih-alih berpikir hal tersebut sebagai tantangan, kita justru sibuk berpikir bahwa atasan membenci kita. Begitu pun saat melihat rekan kerja lain mendapat pujian dari atasan, kita langsung berpikir ia punya kedekatan khusus dengan atasan.

Pikiran buruk seperti ini akan bisa menjadi penghalang sukses yang akan membuatmu stres, dan kemudian membuat kamu nggak fokus menyelesaikan pekerjaanmu, girls. Daripada hati dan pikiran kita menjadi nggak sehat, mendingan segera alihkan deh ke hal-hal positif yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah - Jangan Sampai Salah!

2. Hobi minta maaf

Meminta maaf saat kita melakukan kesalahan adalah sikap yang tepat. Tapi, meminta maaf saat kita tak melakukan kesalahan tentu akan menjadi hal yang aneh. Betul nggak, girls?

Misalnya, “Maaf ya, presentasi saya jelek.” Padahal kita bahkan belum mempresentasikannya sama sekali. Di satu sisi, kita mungkin penginnya supaya nggak dianggap sombong, tapi ini justru menunjukkan kalau kita punya kepercayaan diri yang rendah.

Menurut hasil penelitian Chartered Management Institute, sebanyak 60% perempuan mencapai posisi manajer junior. Tapi, beberapa di antaranya tumbang saat akan mencapai posisi puncak. Hanya 20% perempuan mampu mencapai posisi manajer senior.

Menurut Aan Francke, Chief Executive dari Chartered Management Institute, perempuan akan mengatakan maaf dan menjelaskan secara berlebihan.

Misalnya, ketimbang hanya duduk dan mengikuti rapat, mereka lebih sering mengatakan, “Maafkan saya. Saya harus mengantar anak ke sekolah.” Atau, “Maaf, kucing saya harus disteril hari ini.”

Berbeda dengan para pria yang hanya mengatakan, “Maaf, saya terlambat.” dan langsung duduk mengikuti rapat.

Hmmm. Ada yang tersindir?

Meski Ragu, Sebenarnya Kamu Tidak Perlu Minta Maaf untuk 7 Hal Ini

3. Mudah percaya

Sikap penghalang sukses berikutnya adalah terlalu mudah percaya. Well, percaya pada perusahaan sih boleh-boleh saja. Tapi ingat, girls, nggak semua hal bisa dipercaya.

BACA JUGA:  Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

Ketika atasan selalu menunda kenaikan gaji atau bahkan tak pernah ada promosi selama bertahun-tahun kita bekerja, maka itulah saatnya kita bertanya pada atasan. Diskusikan keresahan yang kita rasakan.

Jika memang ada sesuatu yang mengganjal, nggak ada salahnya mengonfirmasi langsung ke bagian HR.

4. Biang gosip

Ckckck. Jangan sampai kamu punya sikap penghalang sukses satu ini deh.

Hindari kebiasaan bergosip selama di kantor, termasuk juga hindari rekan kerja yang gemar bergosip. Pasalnya, ada gosip ringan dan ada juga gosip yang sudah menjurus ke arah bahaya.

Terjebak di dalam kelompok penggosip akan membuat image kamu menjadi kurang baik, dan bisa memengaruhi perjalanan karier kamu.

Menjadi Leader, Ini Dia 7 Tip Memotivasi Rekan Kerja dan Diri Sendiri

5. Group thinker

Memangnya sikap seperti ini bisa jadi sikap penghalang sukses? Bisa dong.

Group thinker ini adalah tipe orang pemikir kolot yang senang berkelompok. Salah satu cirinya adalah selalu mengeluh setiap ada tugas atau hal baru yang diterapkan di kantor. Biasanya, ini adalah sekumpulan karyawan senior.

Dalam tim kerja yang kolot ini, jangan heran kalau kamu akan sering mendengar kalimat seperti, “Kami nggak bisa melakukan hal itu, karena kami nggak biasa melakukannya.” Atau, “Mengapa harus begitu? Kemarin-kemarin enggak pernah dilakukan, dan kita baik-baik saja.”

BACA JUGA:  Berani Negosiasi Gaji? Inilah 3 Langkah yang Bisa Kamu Ambil

Ini adalah pertanda mereka telah mager, berada di zona nyaman, dan mereka malas banget menyesuaikan diri dengan kondisi yang menuntut untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Kalau kamu pengin maju dan sukses dalam berkarier, sebaiknya kamu segeralah menjauh saja, sebelum mereka menjadi penghalang sukses kamu dalam berkarier, girls.

Nah, apakah kamu masih memiliki kelima sikap penghalang sukses di atas? Bagus kalau kamu sudah menyadarinya sekarang. Next step, pikirkan bagaimana solusinya agar sikap penghalang sukses itu tidak lagi kamu miliki.

PR berat ya? Tapi, kamu pasti bisa! Semangat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: