Karakter

Sindrom Setelah Liburan: Atasi Agar Segera Semangat Menjalani Harimu!

BICARAPEREMPUAN.COM – Liburan semestinya membuat tubuh dan pikiran kembali segar. Namun, ternyata nggak semua orang sesegar itu setelah liburan. Lo, kok gitu?

Well, iya, lantaran sebagian orang justru mengalami sindrom liburan. Dan, bagaimana denganmu, girls? Masih susah moveon dari liburan panjangmu? Hmmm. Kamu nggak sendiri kok.

 

Berikut beberapa fakta dan cara mengatasi sindrom setelah liburan panjang, agar kamu bisa segera kembali semangat menjalani rutinitasmu

1. Persiapan matang

Problem kegelisahan pascaliburan bukan terjadi karena permasalahan yang datang bertubi-tubi saat sedang liburan. Penyebabnya justru karena kamu kurang realistis dalam membuat perencanaan liburan, girls.

 

2. Terlena suasana

Meski liburan itu identik dengan aktivitas bersenang-senang, batasi dirimu dalam mengonsumsi minuman beralkohol. Asupan alkohol yang berlebihan bisa memperburuk kondisi emosional lo.

Jadi, meski liburan, tetaplah untuk banyak minum air putih dan buah, agar menjaga metabolisme tubuh kamu tetap prima. Dengan kondisi tubuh yang fit sekembalinya liburan, kamu pun nggak merasa exhausted dan segera siap kembali menjalankan rutinitas kamu lagi.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

 

3. Pilih asupan

Menurut Natasha Meerding, dari Dietitians Association of Australia, tubuh dan pikiran kamu akan berada dalam keadaan rileks saat liburan.

Ketika kembali memasuki aktivitas normal, ia menyarankan kamu untuk mengonsumsi santapan sarat nutrisi yang kaya akan protein dan serat, serta menghindari teh serta kopi, girls.

 

4. Atur agenda

Jangan lupa untuk bikin jadwal rutinitas lagi ya.

Menurut Mark Sichel, psikiater asal New York, salah satu penyebab orang merasa tertekan saat setelah berlibur adalah karena mereka salah mengatur jadwal saat liburan. Hindari agenda tamasya yang terlalu padat, ataupun yang terlalu bermalas-malasan.

 

5. Jeli finansial

Meski hanyut dalam keriaan liburan, pastikan kamu selalu mengontrol kondisi keuanganmu. Pengeluaran tak terbendung bisa menjadi pemicu stres pascaliburan.

Silakan saja bersenang-senang, tapi jangan terjebak dalam kesenangan semu dengan menghambur-hamburkan uang tanpa punya perencanaan.

 

6. Tepis cemburu

Melihat posting di media sosial saat teman berjemur di Maladewa, belanja di Paris, atau menikmati keindahan bunga sakura di Jepang bisa menjadi penyebab seseorang merasa cemburu atau terobsesi untuk bisa seperti mereka.

BACA JUGA:  Liburan ke Pantai Itu Sangat Menyehatkan Lo! Ini Dia 8 Alasannya!

Kondisi itu pula yang mengakibatkan psikis tertekan sehingga kamu jadi tak bisa mensyukuri sebuah keadaan.

 

7. Jujur saja

Isi liburan dengan segala hal yang memang kamu sukai dan sesuai dengan kondisi. Jangan tergoda untuk memaksakan agenda hanya karena ikut-ikutan atau jaga gengsi.

Dengan demikian, kamu akan bisa menjalani liburan dengan lebih santai dan tanpa beban. Senang!

 

8. Musik asyik!

Irama lagu favorit bisa jadi sahabat terbaik untuk temani hari-hari liburanmu, girls.

Menurut ahli syaraf Dr. Daniel J. Levitin, mendengarkan musik dapat memengaruhi bagian syaraf otak yang berkaitan dengan kesehatan emosional dan logika.

Pakai trik ini untuk menjaga suasana hatimu agar selalu ceria saat menikmati liburan. Begitu pula saat kamu hendak memulai kembali rutinitas kamu. Putar musik-musik yang bisa membantumu menaikkan mood.

 

Nah, semoga dengan beberapa tip di atas, kamu nggak lagi mengalami sindrom setelah liburan ya. Yuk, kembali semangat menjalani rutinitasmu sehari-hari, agar kamu bisa liburan lagi!

BACA JUGA:  Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: