Pendidikan

Bekerja Sambil Kuliah Atau Kuliah Sambil Kerja? Ini Kiat Suksesnya

Masih bingung bagaimana caranya bisa bekerja sambil kuliah? Simak artikelnya sampai selesai ya.

BICARAPEREMPUAN.COM – Barangkali kamu sekarang sedang dalam kebimbangan. Pengin upgrade diri dengan kuliah lagi, tapi gimana dengan pekerjaan kantormu?

Atau mungkin, kamu dalam kondisi yang sedikit berbeda. Kamu ingin kuliah, tapi sambil kerja demi membiayai kuliahmu. Mungkin itu salah satu alasannya.

Mungkin nggak ya?

Well, kenapa nggak mungkin? Bisa kok keduanya kamu lakukan, hanya saja memang perlu usaha sedikit ekstra untuk menentukan prioritas, membagi waktu, dan mengelola disiplin diri.

Nah, kalau kamu sekarang sedang dalam dilema antara kuliah vs kerja ini, yang pertama kali harus segera kamu tentukan adalah kamu mau bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja? Yes, segera tentukan prioritas kamu, kemudian baru bisa menentukan langkah berikutnya.

Jika Bekerja Sambil Kuliah

  1. Carilah lokasi kuliah yang memungkinkanmu melanjutkan pekerjaan di mana kamu berada sekarang ini. Jika perusahaan tempat kamu bekerja punya cabang di kota lain, cobalah diskusikan kemungkinanmu untuk ditempatkan di kota atau daerah yang dekat dengan tempat kuliahmu.
  2. Jangan terpaku pada satu pilihan jurusan. Mungkin kamu bisa kuliah di jurusan yang sepintas tak ada hubungannya dengan bidang kerja yang kamu geluti, tapi bisa saja kamu gunakan untuk mendukung kariermu.
  3. Pilihlah kampus dengan kualitas baik, dengan kurikulum, metode, dan sistem pembelajaran yang fleksibel yang paham betul kondisi mahasiswa bekerja sehingga bisa memudahkanmu bekerja sambil kuliah.
  4. Saat kamu kerja praktik atau mengerjakan tugas akhir akademis nanti, pilihlah studi kasus yang dapat diaplikasikan di tempat kerja, atau relevan dengan bisnis atau pekerjaanmu. Sehingga kamu bisa memberi inovasi, solusi atas isu atau masalah yang ada.
Bekerja Sambil Kuliah Atau Kuliah Sambil Kerja? Ini Kiat Suksesnya

Jika Kuliah Sambil Bekerja

  1. Carilah fakultas jurusan yang sesuai dengan goals yang sudah kamu tentukan. Pertimbangkan juga faktor biaya pendidikan, biaya hidup di luar kota atau daerah, fasilitas pendidikan, periode yang diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan.
  2. Carilah program beasiswa, bisa dari pemerintah, swasta, bila perlu yang memiliki ikatan dinas. Sehingga masalah biaya teratasi, peluang kembali untuk memasuki dunia kerja segera setelah kuliah tuntas, juga segera terlaksana.
BACA JUGA:  Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuatmu Menunda Melanjutkan Pendidikan Padahal Kamu Perempuan Cerdas

Nah, saat kamu sudah menentukan prioritas kamu, apakah kamu ingin bekerja sambil kuliah, atau kuliah sambil bekerja, maka langkah berikutnya adalah merencanakan akan seperti apa kamu menjalaninya.

Supaya untuk semakin memudahkanmu membagi waktu dan mengelola diri sendiri, maka berikut ini ada beberapa tip untuk kamu yang bekerja sambil kuliah, ataupun mau kuliah sambil kerja

Tip Sukses Bekerja sambil Kuliah ataupun Kuliah sambil Kerja

  • Pilih jadwal kuliah yang memungkinkan kamu untuk kuliah sambil bekerja (atau bekerja sambil kuliah).
  • Mintalah kalender akademik secara lengkap, sehingga kamu bisa membuat perencanaan matang mengenai pembagian prioritas antara kerja dan kuliah, serta dapat mengelola waktumu dengan optimal.
  • Selalu fokus dan berdedikasi setiap kali mengerjakan assignment di kantor maupun di kuliah. Tuntaskan segera sesuai deadline, jika perlu dicicil, jangan terbiasa menunda waktu. Ntar numpuk semua nggak ada yang selesai lo.
  • Berani mengomunikasikan dan menegosiasikan dengan atasan di tempat kerja dan dosen di kampus, jika sekiranya ada penyesuaian yang perlu kamu lakukan. Misalnya saat urusan kuliah tidak bisa ditinggal begitu saja, atau saat work load di kantor sedang tinggi. Sekali lagi, bijaklah memilih prioritasmu ya.
  • Pelihara dan jalin networking dan komunikasi yang baik dengan sesama teman kuliah, agar bisa saling membantu.
BACA JUGA:  Sedikit Tip Memilih Universitas Terbuka yang Sesuai

Demikianlah sedikit trik sukses bekerja sambil kuliah ataupun kuliah sambil bekerja.

Meski demikian, kamu harus selalu ingat, girls, bahwa kadang kali kamu benar-benar tak bisa memilih keduanya untuk jalan bareng sekaligus. Akan ada kalanya kamu harus memilih, mana yang harus jalan terus dan mana yang harus ditunda sebentar.

Dengan beberapa tip di atas, semoga kuliahmu lancar, begitu pun pekerjaanmu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: