Kamu Tak Perlu Minta Maaf untuk 7 Tindakan Ini karena Semuanya Adalah Hak Kamu dan Wajar!

BICARAPEREMPUAN.COM – Apakah kamu termasuk tipe orang yang gemar mengucapkan ‘maaf’? Well, sebenarnya minta maaf itu baik, sesuai dengan etika budaya timur, yang biasanya tidak hanya diungkapkan karena rasa bersalah, tapi juga sebagai bentuk kesopanan.

Namun begitu, beberapa pakar psikologis justru mengungkapkan sebaliknya. Mereka berpendapat bahwa ucapan maaf nggak perlu diumbar berlebihan, hanya untuk membahagiakan orang lain.

Ada saatnya kamu perlu menjaga hati sendiri. Menghormati keputusan kamu sendiri, sehingga selama itu bukanlah hal buruk, maka tak perlu minta maaf.

Dan, inilah beberapa tindakan yang sebenarnya kamu tidak perlu minta maaf karena telah melakukannya

Meski Ragu, Sebenarnya Kamu Tidak Perlu Minta Maaf untuk 7 Hal Ini
Meski Ragu, Sebenarnya Kamu Tidak Perlu Minta Maaf untuk 7 Hal Ini

1. Mengutarakan Pendapat

Setiap orang pastinya punya pemikiran berbeda-beda. Enggak bisa dihomogenisasikan. So, adalah sangat wajar bila ada perbedaan pendapat di masyarakat.

Begitu pun dengan kamu, girls. Jika kamu ingin beropini, maka hal itu sah-sah saja. Kamu punya hak untuk mengutarakan pendapat dan pandanganmu. Selama ucapanmu benar dan berdasarkan fakta, sopan, dan nggak ada niat untuk sekadar menjatuhkan pihak tertentu, maka tak perlu minta maaf untuk setiap kali kamu beropini.

 

2. Mencintai Seseorang

Rasa cinta itu nggak bisa diatur atau direncanakan, tapi muncul begitu saja karena sebuah proses. Ya, tak ada yang salah dengan perasaan cinta. Justru cinta adalah anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri.

BACA JUGA:  Teman Jadi Musuh? Oh, No! Begini Cara Menghadapinya!

Maka itu, apabila kamu mulai merasakan cinta, tentunya kamu nggak perlu minta maaf kepada siapa pun. Selama cinta itu melewati jalan yang benar dan tidak menyakiti orang lain, maka tak ada salahnya mengejar cintamu.

Go for it, girls!

 

3. Mengungkapkan Kebenaran

Kebenaran selamanya akan selalu benar. Tapi kebenaran tidak selalu menyenangkan. Terkadang, sesuatu yang benar itu sulit diungkapkan. Kadang menyakiti perasaan orang lain, dan kadang bikin kontroversi.

Namun begitu, kebenaran tetap harus diungkapkan. Dan untuk mengutarakan sebuah kebenaran, kamu tidak perlu minta maaf.

 

4. Tidak Bisa Menjadi ‘Sempurna’ untuk Seseorang

Pernahkah kamu merasa sedih karena tidak sanggup membahagiakan orang lain? Merasa kecewa karena kamu nggak bisa jadi sosok yang sempurna, atau tak sesuai ekspetasi orang tersebut?

Jika kamu pernah merasakan hal-hal demikian, maka segera hentikan, girls! Jangan menyiksa diri sendiri, dan jangan minta maaf hanya karena kamu nggak bisa memuaskan orang lain.

Selama kamu berperilaku baik, itu sudah cukup. Tak perlu menjadi sempurna di hadapan orang lain. Karena memang, no body perfect in this world!

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

 

5. Meminta Waktu Sendiri

Apabila kamu punya rencana atau janjian dengan orang lain, dan membatalkannya secara sepihak, maka kamu perlu minta maaf. Namun bila kamu perlu dan sudah meminta waktu untuk diri sendiri, dalam artian kamu nggak mau diganggu di hari-hari tertentu, maka tak perlu berujar maaf.

Gimanapun juga, terkadang kamu perlu momen “me time” untuk memanjakan diri, menenangkan pikiran, dan menghilangkan segala kelelahan.

 

6. Membuat Keputusan untuk Pilihan Hidup

Sangat penting bagi kamu untuk berani mengambil keputusan hidup sesuai dengan pilihan hati. Jangan hanya ikut-ikutan orang lain. Walaupun mungkin pilihan kamu itu nggak populer, berbeda, bahkan dianggap rendah dan dipandang sebelah mata.

It’s okay, girls! Selama kamu yakin, just go on!

Kamu justru harus membuktikan bila kamu mampu mewujudkan mimpi tersebut jadi nyata. Jika memang mimpi kamu itu nggak merugikan orang lain, kenapa harus minta maaf?

 

7. Meminta Bantuan

Kebanyakan orang biasanya akan mengucapkan ‘maaf’ ketika meminta bantuan dari pihak lain. Sebenarnya hal itu enggak salah sih, tapi nggak harus dilakukan juga kok.

BACA JUGA:  Setop Lakukan Pembunuhan Karakter Perempuan Lainnya Ini dan Dunia Akan Jadi Tempat yang Lebih Baik

Yang namanya, manusia pasti butuh bantuan orang lain. Kondisi tersebut sangatlah wajar. Kamu hanya perlu berkata sopan saat meminta bantuan orang lain, tapi bukan meminta maaf. Dan yang terpenting, jangan lupa mengucapkan terima kasih ya!

 

Minta maaf bukanlah hal buruk. Tapi kata maaf juga nggak sebaiknya terlalu diumbar, apalagi dijadikan candaan. Alangkah baiknya, jika maaf diucapkan secara sungguh-sungguh dan pada waktu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.