Tetap Aman Naik Taksi Online, Lakukan 9 Hal Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Beberapa hari yang lalu, kamu juga mungkin membaca berita pembunuhan seorang wanita penumpang taksi online yang dilakukan oleh driver-nya di Bogor.

Wanita tersebut dikabarkan memesan taksi online dari kawasan Jakarta Selatan dan ingin diantar menuju salah satu hotel di kawasan Jakarta. Namun, korban malah diajak berputar-putar di tol Jagorawi. Di rest area daerah Sukaraja, korban lantas dimintai uang Rp20 juta, selain barang-barangnya dirampas. Karena korban tidak membawa uang sebesar permintaan si driver (yang dibantu kemudian oleh adiknya), korban lantas dicekik hingga tewas.

Kasus lain terjadi juga di Jakarta. Seorang penumpang wanita yang minta diantar ke Bandara Soekarno Hatta dengan taksi online mengaku telah dilecehkan oleh driver-nya.

Mungkin kamu juga ingat, kasus seperti ini sedari dulu selalu menghantui kita, perempuan, yang sering memanfaatkan transportasi umum untuk mobilitas kita. Sebut saja, kamu pasti juga pernah mendengar kasus serupa terjadi pada perempuan penumpang taksi konvensional, commuter, hingga angkot.

Memang, girls, kondisi berbahaya bisa mengancam siapa saja, di mana saja. Tak hanya di transportasi umum, bahkan kita yang mengendari kendaraan pribadi pun tak pernah benar-benar aman. Betul?

Tapi terkhusus perempuan, memang kini semakin membuat kita miris ya?

Nah, BiPer mendapatkan beberapa tip agar selalu bisa aman saat menumpang taksi online–yang sepertinya bisa juga diterapkan saat kamu akan menumpang transportasi umum mana pun–bagi kita, perempuan. Karena yang bisa melindungi kita itu ya diri sendiri.

Yuk, kita lihat beberapa tipnya berikut ini.

 

Tip aman menumpang taksi online dan transportasi umum lainnya untuk perempuan

 

Tip aman naik taksi online.
Tip aman naik taksi online. Image via Willamette Valley Yellow Cab.

1. Telepon orang terdekat

Begitu naik taksi–baik taksi online maupun offline, dan juga transportasi umum lainnya–sebisa mungkin teleponlah orang terdekat. Bisa ke keluarga atau pacar atau sahabat, siapa pun.

BACA JUGA:  Anggun C Sasmi Pindah Warga Negara Prancis - Kamu Mau Ikutan?

Pastikan driver-nya mendengar ya, girls, kalau kita menelepon.

Katakan pada orang yang sedang kita telepon, bahwa kita sedang dalam perjalanan dengan naik taksi. Sebutkan nomor lambung taksi, kalau taksinya konvensional. Kalau kamu naik taksi online, ya sebutkan pelat nomornya.

Atau, setidaknya kirimkan screenshoot atau capture dari aplikasi taksi online yang kamu pergunakan kepada orang-orang terdekat.

Sebutkan juga posisi kita saat ini, misalnya sedang berada di jalan apa, kawasan mana, dan seterusnya. Update terus orang yang kita hubungi.

Sekali lagi, pastikan driver-nya mendengar ya. Sehingga kalau sedari awal ia punya niatan yang tidak baik, ia bakal berpikir ulang karena ada orang lain yang mengetahui.

 

2. Kalau nggak ada pulsa atau kondisi low batt?

Nah, gimana kalau kita nggak ada pulsa, atau mungkin handphone kita dalam kondisi low batt? Tetaplah kirim pesan dengan jalan apa pun.

Atau, kamu bisa pura-pura tetap menelepon seseorang, dengan mengatakan hal-hal seperti pada poin pertama di atas. Driver kan nggak tahu kita nggak ada pulsa atau low batt. Maka, kita manfaatkan situasi ini.

Yang penting, kamua harus tetap tenang ya, sehingga kamu bisa akting menelepon dengan baik.

 

3. Jangan tertidur atau lengah

Secapai apa pun, usahakan untuk jangan sampai tertidur dalam taksi online ya, girls. Saat tidur, itu memang menjadi saat paling membahayakan bagi kita.

Juga jangan lengah, pantau terus perjalanan kamu melalui Google Map. Saat driver tidak mengambil jalan yang semestinya, segera tanyakan. Mungkin ia memang akan mengambil jalan alternatif sih. Makanya, nggak ada salahnya ditanyakan. Kemudian cek di Google Map lagi.

BACA JUGA:  Mau Mengamati Super Blue Moon Malam Ini? Kamu Bisa Lihat Langsung di Sini!

 

4. Jangan memakai menunjukkan kita membawa barang berharga

Jangan mengenakan perhiasan yang berlebihan. Ini penting ya, girls. Kalau memang kamu mengenakan banyak perhiasan, lebih baik lepas dulu sebelum naik taksi online. Baru kemudian bisa dikenakan lagi saat sudah sampai di tujuan.

Juga, soal handphone. Mungkin kamu memang memerlukan handphone untuk bisa menelepon atau mengecek Google Map. Tapi tak perlu sampai demonstratif, menunjukkan handphone kamu. Apalagi kalau kamu punya lebih dari satu. Nggak usah semua dikeluarkan.

Begitu juga kalau kamu membawa barang berharga lain. Laptop, misalnya. Nggak perlu dikeluarkan. Tunda semuanya hingga kita sampai di tujuan.

 

5. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka

Mungkin kita percaya, bahwa pakaian sebenarnya tak ada hubungannya dengan kesempatan kita untuk menjadi korban kejahatan, tapi nggak ada salahnya juga kita mengenakan pakaian yang lebih tertutup.

Jika memang kamu mengenakan pakaian yang agak terbuka, pakailah outerwear untuk menutup sementara kita naik taksi online ataupun transportasi umum yang lainnya.

Berjaga-jaga tentunya lebih baik kan?

 

6. Pelajari dulu rute

Terutama kalau kamu berada di daerah baru, atau belum mengenal daerah yang akan dikunjungi. Pelajari dahulu rutenya melalui aplikasi taksi online tersebut, atau via Google Map.

Kamu juga bisa mencari informasi terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah pernah mengunjungi daerah tersebut.

Dengan mengetahui informasi daerah yang akan kita tuju, pastinya kita akan lebih waspada ya.

 

7. Jangan mengeluarkan barang dari tas

Untuk menghindari ada barang yang tertinggal di dalam mobil taksi online ataupun alat transportasi umum yang lain, tak usah mengeluarkan banyak barang dari tas ya, girls.

Selain itu, hal ini juga supaya nggak memancing driver untuk berniat tak baik kalau melihat banyak barang berharga yang kita bawa.

BACA JUGA:  Mau Mengamati Super Blue Moon Malam Ini? Kamu Bisa Lihat Langsung di Sini!

 

8. Sebisa mungkin, hindari naik sendirian

Apalagi kalau malam hari, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mengajak teman saat hendak bepergian dengan naik taksi online atau transportasi umum yang lain.

Namun, seandainya tidak memungkinkan dan tetap harus sendirian, maka tingkatkan kewaspadaan kamu ya.

 

9. Duduk di sebelah belakang kiri

Nah, ini adalah satu saran yang cukup bagus nih, girls. Sebaiknya duduklah di kursi belakang di sebelah kiri.

Kalau kita duduk di depan, kita nggak tahu apakah di belakang ada orang atau tidak. Kalau kita duduk di sebelah kanan, pas di belakang driver, kalau driver tiba-tiba memundurkan joknya maka itu bisa mengunci pergerakan kita.

Jadi, duduklah di belakang sebelah kiri jika kamu naik taksi online sendirian.

 

Nah, semoga kita semua selalu aman kalau sedang naik taksi online, pun transportasi umum lainnya ya, girls. Jangan lupa untuk selalu berdoa, sebelum kita berangkat pergi ke mana pun, supaya aktivitas kita lancar dan kita terhindar dari bahaya, tentunya.

Stay safe, girls!

 

Sumber tip-tip dari Bellanissa Brilia Zoditama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.