Kecantikan

5 Tanda Penuaan Dini yang Bisa Terjadi pada Perempuan Usia 20-an

Memangnya ada yang pengin cepat tua? Tapi, 5 tanda penuaan dini ini bisa terjadi padamu sekarang lo, girls!

BICARAPEREMPUAN.COM – Ouch! Tapi ya bener sih, karena pergeseran perilaku dan gaya hidup, bahkan kamu-kamu yang masih usia 20-an bisa kena juga beberapa tanda penuaan dini ini.

Memangnya mau, kelihatan kayak usia 50 tahun padahal usia masih 23 tahun? Oh no!

Karena itu, waspadai beberapa tanda penuaan dini berikut ini!

1. Kulit kering

Begini Cara Mengatasi Kulit Kering yang Paling Jitu

Tak sulit mengenali tanda penuaan dini yang dimulai dengan kulit wajah yang kering ini: kulit terasa kencang seperti tertarik, pori-pori hampir tak tampak, kusam dan kasar, serta mulai tampak garis halus dan kerutan. Juga akan terasa gatal pada kulit.

Jangan salahkan faktor genetik dan bertambahnya usia saja, girls, karena dehidrasi pada kulit juga dapat dipicu oleh faktor eksternal,s eperti terlalu intens terekspos oleh sinar matahari, terus-terusan terkena AC, mandi dengan air panas, dan menggunakan produk kosmetik yang mengandung getergen atau elemen sabun.

Atasi tanda penuaan dini ini dengan:

  • Jangan terlalu sering mandi air panas, karena air panas dapat mengikis kadar minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembapannya.
  • Gunakan pelembab yang mengandung minyak mulberry yang memberikan nutrisi pada kulit.
  • Memakai produk kecantikan yang aman, terbebas dari kandungan alkohol, mint, mentol, sitrus dan memakai pewangi.

2. Kulit kusam

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi pada kulit mulai menurun sehingga kulit mulai kehilangan cahaya alaminya. Kondisi kulit kusam akan semakin memburuk apabila stres melanda, kurang tidur, bersinggungan dengan polusi dan asap rokok setiap hari, serta perawatan kulit yang kerap kali terabaikan.

BACA JUGA:  Rahasia Cantik dan Sehat Perempuan dari 7 Negara Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Atasi tanda penuaan dini ini dengan:

  • Tidur malam yang cukup dan nyenyak. Regenerasi kulit terjadi antara pukul 23.00-03.00.
  • Kelola stres dengan baik, dan hindari asap rokok dan asap kendaraan bermotor.
  • Eksfoliasi untuk mengembalikan kilau alami kulit wajah, setidaknya sekali dalam seminggu, untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit sehingga terasa lebih halus dan cerah.
  • Gunakan masker wajah sekali seminggu, dengan masker yang mengandung bahan dasar mineral dan vitamin kompleks.

3. Noda hitam

5 Tanda Penuaan Dini yang Bisa Terjadi pada Perempuan Usia 20-an

Penyebab utama munculnya noda gelap pada kulit adalah akibat hiperpigmentasi yang dipicu oleh radiasi sinar matahari. Pada saat terkena paparan sinar matahari, kulit akan memproduksi melanin dalam jumlah yang lebih banyak.

Oleh sebab itu penggunaan tabir surya sangat dibutuhkan untuk membantu melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan. Beri perhatian pula pada bekas jerawat dan bekas luka, karena nodanya dapat menjadi “penghuni” permanen pada kulit.

Atasi tanda penuaan dini ini dengan:

  • Pengaplikasian krim tabir surya dengan kandungan SPF30 atau lebih, untuk perlindungan maksimal. Pilih sun protection yang mengandung mineral powder dan ekstrak herbal untuk hasil akhir yang ringan di kulit dan bebas kilap.
  • Hindari sebisanya melakukan kegiatan outdoor di bawah sinar matahari setelah pukul 10.00 hingga pukul 15.00, saat sinar matahari sangat intens. Bila tak terhindarkan, gunakan topi atau payung sebagai pelindung tambahan.
  • Aplikasikan produk khusus yang memang diformulasikan untuk mengoreksi tampilan noda hitam pada wajah dan warna kulit yang tidak merata akibat hiperpigmentasi.
BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

4. Mata bengkak

Bila setelah bangun tidur, kamu mendapati kantung pada bagian bawah mata, itu hal wajar, girls. Karena pada saat tidur, mata kita nggak berkedip sehingga terjadi pembengkakan.

Namun, bila kantung mata nggak juga mengempis selang 3 jam kemudian, pemicunya bisa jadi karena dehidrasi, kurang tidur, alergi, stres, menangis berlebihan, diet nggak seimbang, dan juga faktor usia.

Atasi tanda penuaan dini ini dengan:

  • Kompres mata dengan es batu. Dinginnya es akan membantu mengencangkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga dapat mengurangi kantung mata dan pembengkakan.
  • Gunakan serum mata yang dilengkapi dengan roller ball pada aplikatornya. Pada saat pengaplikasian, serum tersebut—secara bersamaan dengan aplikatornya—memberikan pijatan ringan yang dapat menstimulasi kulit di area mata menjadi lebih kempis.
  • Pakai masker khusus mata 2-3 kali seminggu.

5. Mata panda

Trik riasan mata besar

Lingkar gelap di bawah mata dapat disebabkan oleh beragam faktor, di antaranya kelelahan, dehidrasi, juga elastisitas kulit yang mulai menurun dengan bertambahnya usia.

Lingkaran hitam di bawah mata ini bisa sangat memengaruhi penampilan total wajah kamu: tampak suram, sehingga terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

BACA JUGA:  5 Masalah Kecantikan Mata dan Cara Mengatasinya

Atasi tanda penuaan dini ini dengan:

  • Oleskan krim mata secara reguler di daerah sekitar mata. Area mata adalah bagian pertama pada wajah yang mengisyaratkan kelelahan.
  • Gunakan produk eyecare dengan aplikator khusus berbentuk roll-on untuk membantu mencerahkan kembali area mata Mama yang menghitam.
  • Sesap teh hijau setiap hari. Kandungan antioksidan pada green tea yang tinggi dapat mencerahkan warna kulit sekaligus dapat meluruhkan racun dari dalam tubuh.

So, girls. It’s your job to take care of yourself. Kalau bukan dirimu sendiri, lalu siapa lagi? Minimalkan munculnya tanda penuaan dini sejak sekarang, atau kamu akan menyesal nanti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: