Kuliner

4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa nih yang hobi mengonsumsi minuman teh?

Teh memang minuman superior, karena mampu meredam 1001 ragam penyakit. Jadikan khasiatnya sebagai pelindung alami tubuh kita sepanjang hidup.

Sebagai minuman sosialisasi, teh memang sangat populer. Tapi, sering teh dianggap sebagai minuman yang kurang sehat. Padahal, tahu nggak sih, girls? Teh Indonesia itu sebenarnya mempunyai nilai mutu yang sangat tinggi, karena hampir seluruh varietas teh Indonesia berjenis assamica.

Ciri daunnya yang lebar mengandung kadar katekin lebih tinggi, dibanding tipe sinensis yang dimiliki Tiongkok dan Jepang. Antioksidan yang dihasilkan katekin sangat efektif untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh kita.

 

Coba yuk, girls, kita lihat apa saja kandungan minuman teh yang bermanfaat untuk tubuh kita.

 

4 Kandungan Zata dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit! Image via The Hindu

  1. Flavonoids

Antioksidan ini memiliki kekuatan raksasa yang dapat menghilangkan efek merusak oksigen dalam tubuh kita. Menurut penelitian, flavonoids ini dapat menjadi anti-peradangan, dan juga meminimalisir munculnya sel kanker.

BACA JUGA:  4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

Bahkan buat yang lagi diet, flavonoids ini bisa membantu menurunkan berat badan lo, girls.

Menurut sebuah jurnal ilmiah terbitan Archives of Internal Medicine, Chicago Amerika Serikat, meminum 1 – 2 gelas teh per hari, berpotensi hingga 46% menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh terjadinya penimbunan lemak dalam dinding saluran tersebut.

 

  1. Vitamin B Kompleks

Meminum secangkir teh saja sudah memberi kita sejumlah vitamin lo, girls. Berdasarkan jurnal dari Industri Tea Board of India, teh mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B1 dan B2.

Kandungan vitamin B2 pada teh bahkan 10 kali lebih besar ketimbang yang ada dalam sereal dan sayuran.

Secara keseluruhan, vitamin B kompleks merupakan komponen yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Itulah sebabnya, kita membutuhkan bantuan dari “pihak lain” untuk melengkapi kesempurnaan asupan tersebut.

Penemuan Universitas Warwick, Inggris, menyebutkan, bahwa mencukupi tubuh dengan dosis vitamin B1 (thiamine) dapat mengembalikan fungsi ginjal, terutama bagi penderita diabetes tahap tinggi. Pasalnya, vitamin ini dilaporkan sangat berpotensi mengurangi hilangnya albumin—yaitu protein penting yang dilepaskan ke dalam urine dari pembuluh darah menuju ginjal, karena tingginya gula darah.

BACA JUGA:  Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

 

4 Kandungan Zata dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit! Image via Beauty and Style

  1. Polifenol

Di tempat-tempal spa, teh hijau menjadi salah satu jenis perawatan tubuh yang bersifat menenangkan, berkat kandungan polifenol di dalamnya.

Nggak cuma teh hijau sih, girls, nyatanya semua jenis teh itu mengandung polifenol sebanyak 25 – 35 %.

Polifenol pada teh Indonesia merupakan komponen aktif primer yang menyehatkan, kurang lebih 1,34 kali lebih tinggi, dibandingkan negara penghasil teh lainnya.

Antioksidan ini memiliki kekuatan 100 kali lebih efektif daripada vitamin C dan 25 kali lebih tinggi daripada vitamin E.

Menurut para peneliti Mount Sinai School of Medicine di Manhattan, ekstrak polifenol mengurangi generasi dan akumulasi peptida beta-amyloid dalam penyakit Alzheimer.

Sungguh, girls. Sembari rutin mengerjakan teka-teki silang, teh adalah teman sempurna pencegah demensia.

 

  1. Metilxantin

Metilxantin ini bisa beraksi sebagai bronkodilator yang sering digunakan pada pengobatan penyakit asma, girls.

Sebelum inhaler populer, metilxantin merupakan terapi utama bagi para penderita asma, baik akut maupun kronik. Komponen ini dapat langsung merelaksasikan otot-otot di sekeliling jalan napas dan menyebabkan sel-sel tertentu yang melapisi bronchus mengeluarkan zat kimia tubuh, seperti histamin, penyebab datangnya asma.

BACA JUGA:  17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

Namun, tetap hati-hati ya, girls. Kalau penggunaan kadar dosis metilxantin terlalu besar dari yang dibutuhkan, efek negatif akan muncul dan dapat mendatangkan rasa mual, muntah dan detak jantung lebih cepat.

Tapi tenang, pada kandungan teh, kandungan metilxantin ini tak lebih dari 10%.

 

So, sudah siap untuk menyeduh teh lagi siang ini, girls? Kuy! Nikmati dengan mata terpejam, dan biarkan minuman teh kamu bekerja dalam tubuh dan membuatmu sehat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: