Kesehatan

Banyak Kuman, Waspadai 9 Tempat atau Barang Ini!

Awas! Beberapa tempat bisa menjadi sumber kuman, dan beberapa barang ditempeli banyak kuman! Waspada!

BICARAPEREMPUAN.COMKuman itu tak tampak oleh mata tapi sangat membahayakan kesehatan. Begitu kita terinfeksi, dalam jangka waktu beberapa hari kemudian tubuh akan sakit, terutama jika daya tahan tubuh sedang turun.

Apalagi di musim pancaroba begini, girls, peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Kalau kita tidak menjaga kesehatan, maka daya tahan tubuh akan turun dan mudah terinfeksi virus yang bertebaran di mana-mana.

Terlebih kalau kita sering ke luar rumah dan menggunakan fasilitas umum, bisa banget tuh tertular penyakit yang asalnya dari kuman. Belum lagi mempertimbangkan adanya fakta bahwa virus juga bermutasi secara konstan.

Maka, selain kita siap mengobati, untuk menjaga kesehatan, alangkah baik jika kita mencegah penyakit datang, girls. Sebab pesan nenek sejak zaman dahulu yang legendaris itu sangat benar dan tak terbantahkan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Di bawah ini adalah area yang harus kamu hindari demi kesehatan keluarga, karena bisa tempat atau barang ini mengandung banyak kuman dan virus yang membawa penyakit masuk ke tubuh kita.

Apa saja? Jangan-jangan kita sering memegang barang ataupun pergi ke tempat ini ya, dan selama ini kita enggak ngeh? Waduh!

9 Tempat dan Barang di Fasilitas Umum yang Mengandung atau Ditempeli Banyak Kuman. Waspada!

Banyak Kuman, Waspadai 9 Tempat atau Barang Ini!

1. Toilet umum

Jika kamu ke toilet umum, baik itu toilet di tempat umum atau di pesawat dan bus, mulai dari seluruh permukaan hingga airnya sangat tinggi kemungkinan terkontaminasi banyak kuman berbentuk virus berbahaya, girls.

Tidak hanya virus penyebab flu, tapi juga virus penyebab diare, infeksi mata hingga jenis penyakit kulit penyebab gatal-gatal.

BACA JUGA:  Mudah Lupa, 7 Hal untuk Mengatasinya

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu harus selalu sedia hand sanitizer atau tisu basah antibakteri. Selain itu, hindarilah menyentuh langsung permukaan apa pun di toilet umum.

Gunakan air bersih mengalir dari keran atau menggunakan air mineral dalam botol untuk membasuh.

2. Buku menu dan botol bumbu di restoran

Kebayang berapa jumlah orang dalam sehari yang menyentuh buku menu dan botol bumbu di restoran enggak, girls?

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan dan standar kebersihan beragam. Apalagi benda seperti buku menu atau botol bumbu adalah benda yang jarang dicuci. Bahkan botol bumbu bisa jadi hanya selalu diisi ulang setelah habis, bukan dicuci setiap hari.

Nggak heran, semuanya itu mengandung banyak kuman.

Gunakan tisu untuk menyentuhnya atau cucilah tangan dengan saksama setelah menyentuh semua benda tersebut. Sebagai tambahan, untuk berjaga-jaga saja, bersihkan lagi terlebih dahulu sendok dan garpu yang akan kita gunakan terutama milik anak-anak, dengan tisu basah antibakteri.

3. Sabun cair di tempat umum

Siapa sangka, girls, ada peneliti yang menguji tingkat higienitas sabun cair di tempat umum, dan ternyata ditemukan adanya banyak kuman di dalamnya! Lebih tepatnya sih, ada bakteri di dalam sabun pencuci tangan di tempat umum tersebut.

Wah, padahal selama ini kita berpikir sabun itu disediakan supaya bisa digunakan oleh siapa pun untuk mencuci tangan demi terbebas dari paparan kuman penyakit. Iya enggak sih?

Jadi, sepertinya akan lebih baik jika kamu membawa sabun sendiri saja dari rumah deh. Atau, minimal jangan pernah lupa membawa hand sanitizer.

Gampang Sakit? Sebelum Langsung ke Dokter, Coba Atasi dengan 5 Hal Ini Dulu!

4. Mesin ATM

ATM adalah mesin idaman semua orang, dan coba tebak, berapa banyak orang yang menggunakannya dalam satu jam? Sangat banyak, girls! Kita sendiri saja bisa deh bolak balik antre dalam sehari.

BACA JUGA:  Mau Tubuh Bugar? Lakukan 5 Ritual Pagi Ini Setiap Hari!

Makanya, mesin ATM menjadi salah satu media terbaik buat ngendonnya banyak kuman dan menjadi tempat penyebaran virus.

Jadi, jangan lupa untuk selalu cuci tangan setelah dari ATM ya, atau minimal menggunakan hand sanitizer.

5. Troli supermarket

Kalau yang satu ini, barangkali kamu sudah tahu ya? Karena sudah sering banget disebut nih, kalau troli di supermarket bisa banget menjadi salah satu sarang kuman penyakit, akibat tangan-tangan yang memegangnya.

Tapi, nggak perlu jadi anti ke supermarket juga sih, girls. Asalkan kamu jangan pernah lupa untuk mencuci tangan sepulang dari supermarket, sudah cukup.

6. Alat olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah bakteri terbanyak justru ada di alat olahraga untuk umum, seperti alat olahraga di gym.

Wah, mengejutkan nih, sebab kita selama ini berpikir gym adalah tempat orang-orang yang memperhatikan kesehatan.

Tapi kesehatan memang berbeda sama sekali dengan higienitas. Maka kamu perlu waspada setelah menggunakan alat olahraga di gym. Karena, berarti banyak kuman yang menempel pada alat-alat tersebut. Jangan sekali-kali kucek-kucek mata atau hidung setelah menggunakan alat-alat olahraga ini. Tunggulah hingga cuci tangan atau minimal memakai hand sanitizer.

11 Trik Bugar dari Personal Trainer Para Selebriti Dunia yang Seksi

7. Transportasi umum

Moda transportasi umum kita, seperti busway, commuterline, dan kereta, setiap hari dijejali oleh ribuan penumpang ya, dari berbagai tempat, dari berbagai profesi.

Maka beberapa benda yang pasti dilalui dan disentuh orang banyak, seperti mesin dan turnstiles transit adalah yang paling banyak dihinggapi banyak kuman penyakit.

Jadi, hati-hati ya, girls!

8. Tombol lift, pegangan logam tangga, dan tombol mesin karcis parkir

Ketiga benda di atas adalah yang paling banyak digunakan di pusat belanja atau di perkantoran. Dalam sehari banyak sekali orang yang menyentuhnya. Sudah pasti keduanya adalah area tinggi kontaminasi banyak kuman penyakit.

BACA JUGA:  Jalan Kaki: 5 Cara agar Bisa Rutin Berolahraga Sehat, Murah, Meriah

Kamu bisa mengakali memencet tombol lift atau mesin karcis parkir bukan dengan ujung jari tapi dengan buku kedua jari, girls. Yang penting adalah jari kita yang sering kita pakai untuk mengambil dan menyuapkan makanan, ngucek mata dan hidung, tidak bersentuhan secara langsung.

Atau ya, simply jangan lupa mencuci tangan setelahnya saja.

9. Permukaan di dalam moda transportasi umum

Tiang, pegangan gantung, hingga bingkai jendela dalam kereta atau bus adalah permukaan yang juga paling sering disentuh pengguna lain. Maka kamu juga harus perhatikan spot-spot tersebut ya.

Pada intinya, selain kamu harus menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan suplemen tambahan, kamu juga harus sering mencuci tangan dengan saksama begitu sampai di rumah, entah dari mana pun kita sebelumnya.

Sehat selalu ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: