Kesehatan

3 Waktu yang Tepat untuk Tetap Rutin Olahraga di Bulan Puasa

Bulan puasa, seharusnya kamu juga tetap rutin olahraga. Apalagi di waktu banyak wabah penyakit seperti ini.

BICARAPEREMPUAN.COM – Yes, walaupun tengah menjalani ibadah puasa, enggak ada salahnya juga untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan rutin olahraga.

Tapi, juga jangan sampai asal berolahraga. Karena di bulan suci ini, ada waktu-waktu dan jenis olahraga tertentu yang tepat dilakukan saat berpuasa.

Lalu, olahraga apa yang tepat dilakukan selama bulan puasa, dan kapan waktu paling tepat untuk melakukannya? Simak artikel ini sampai selesai ya, girls!

3 Waktu yang Tepat untuk Rutin Olahraga di Bulan Puasa

1. Pagi hari setelah sahur

Lakukan Olahraga Saat Haid Supaya Tubuh Makin Sehat, Terutama 3 Olahraga Ini!

Manfaatkan waktu pagi hari setelah sahur sampai waktunya kamu mulai beraktivitas rutin–kerja, belajar, atau kegiatan lainnya–untuk rutin olahraga aerobik ringan.

Kamu bisa melakukannya bersama keluarga, teman, atau sendirian juga enggak masalah. Apa yang bisa dilakukan di pagi hari?

Kamu bisa jalan pagi atau bersepeda di sekeliling lingkungan rumah atau apartemen. Karena ketika artikel ini ditulis kita sedang dalam masa pandemi virus corona, maka kamu juga perlu untuk tetap melakukan protokol physical distancing ya. Kalaupun mau jalan pagi bareng keluarga, pastikan jarak aman dan pakai peralatan keamanan kesehatan seperti masker.

BACA JUGA:  5 Jurus Ampuh Badan Fit demi Penampilan Fashionable Sepanjang Waktu

Paling tidak, rutin olahraga ringan ini bisa kamu lakukan selama 15 – 30 menit. Dengan demikian, metabolisme tubuh akan terjaga dan enggak mudah mengantuk deh.

2. Sore hari jelang berbuka puasa

3 Waktu yang Tepat untuk Tetap Rutin Olahraga di Bulan Puasa

Sambil menunggu saatnya berbuka, kita bisa mengombinasikan olahraga aerobik dan anaerobik. Misalnya, seperti berlari lalu lakukan sedikit latihan beban.

Rutin olahraga dengan beban bisa dilakukan dengan berat badan sendiri (body weight exercise), seperti sit up, push up, ataupun back up.

Nggak perlu repot kok, girls. Kamu bisa memanfaatkan apa saja yang ada di rumah, misalnya seperti kursi, meja, dan dinding sebagai sarana berolahraga. Enggak perlu alat-alat yang mahal.

Paling enggak, rutin olahraga selama 30 – 60 menit sebelum berbuka.

3. Malam hari setelah salat Tarawih

Kalau kamu ingin berolahraga berat, maka waktu yang paling tepat untuk melakukannya adalah malam seusai salat Tarawih. Agar badan nggak terlalu lelah dan bisa bebas menerima asupan.

Olahraganya bisa beragam sih, tergantung kebutuhan tubuhmu. Bisa lari, sprint, bahkan latihan beban dengan alat bantu.

BACA JUGA:  Beberapa Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setelah Liburan atau Pesta

Jangan lupa untuk tetap menggunakan waktu yang ada untuk rutin olahraga, dengan disesuaikan pada tingkat kemampuan, tujuan olahraga, dan kondisi kesehatan kamu ya, girls!

Sehat selalu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: