Karier

Mau Laptop Awet? Lakukan 8 Tip Berikut

Laptop adalah barang penting, apalagi kita yang sehari-hari bekerja dengannya. Mau laptop awet nggak?

BICARAPEREMPUAN.COM – Bagi kamu yang seorang pekerja, baik pekerja kantoran, bekerja di rumah, ataupun kamu yang freelancer, laptop pasti ikut ke mana saja kita pergi ya, girls? Karena ya memang, laptop itu kan alat kerja kita. Fungsinya yang banyak sekali akan membantu pekerjaan kita.

Apalagi hari gini, saat semua serba online. Dari mulai kuliah, cari informasi, hingga gaul, semua dilakukan dengan online. Terutama soal kerjaan, sekarang zamannya kerja remote! Pastinya laptop jadi andalan banget kan? Kita bahkan nggak harus hadir di kantor, asalkan kita punya laptop dan kuota.

Well, ya bisa sih kita online dengan gadget. Tapi buat pekerjaan tertentu, kita memang butuh banget mengerjakannya dengan laptop. Ya masa buat para virtual assistant pada input data segambreng pakai smartphone doang? Duh, itu mata apa kabar?

Melihat fungsinya sebagai “asisten pribadi”, maka pantas saja kalau laptop harus mendapat perlakuan dan perawatan yang tepat. Ya siapa yang nggak mau punya laptop awet? Laptop awet berarti kerjaan lancar, means invoice mengalir, yes?

Karena itu, coba cermati beberapa tip berikut untuk laptop awet, yang bakal menjami pekerjaanmu lancar

9 Cara Mencintai Pekerjaan Agar Kamu Lebih Cepat Sukses

1. Jaga jarak

Mau laptop awet, maka jaga supaya tidak terlalu dekat dengan barang-barang bermedan magnet.

BACA JUGA:  7 Kalimat Terlarang untuk Diucapkan Jika Kamu Bekerja di Kantor

So, jauhkan laptop dari benda elektronik, seperti TV, ponsel, dan radio minimal 20 cm. Pasalnya benda-benda ini mengeluarkan medan magnet yang berisiko merusak hard disk laptop.

2. Nggak asal gratis

Hindari mengunduh sembarang program atau software gratisan dari internet yang belum terjamin bebas virus. Scan dulu program tersebut sebelum menginstalnya. Ada beberapa macam scan yang kuat yang bisa dipasang di laptop, misalnya seperti Avira, McAfee, dan sebagainya. Pastikan laptopmu terlindungi oleh scanner virus yang bagus.

Jika kamu mau mengunduh–tak hanya software–apa pun dari internet dan ada peringatan bahwa file, unduhan, ataupun software tersebut berkemungkinan mengandung virus, maka sebaiknya jangan diabaikan. Batalkan saja download-mu.

Sayangi laptop agar laptop awet.

3. Jangan dipangku

Kadang saat kerja, karena enggak ada tempat buat naruh, ya sudah kita pangku saja laptop kesayangan kita. But wait, ini ternyata nggak baik lo, girls, untuk kesehatanmu juga untuk kesehatan laptopmu.

Yes, jangan memangku laptop saat bekerja, girls, lantaran lubang ventilasi akan tertutup saat kita memangkunya sehingga laptop jadi cepat panas.

Laptop yang mudah panas bakal makin sering hang, bahkan lalu mati total. Lagi pula, kalau dipangku bisa bikin kulit paha kita jadi kering dan mudah keriput lo! Ouch!

BACA JUGA:  Menghadapi Psikotes Tanpa Stres dan Panik? Lakukan 7 Tip Ini!

4. Sayangi layar

Tahu nggak, girls? Layar laptop (LCD) itu sangat riskan terhadap kerusakan.

LCD yang pecah membuat tulisan dan gambar yang ditampilkan jadi sulit dilihat. So, agar laptop awet, biasakan untuk membersihkan layar dengan kain halus saat laptop dimatikan, dan jangan sentuh layar dengan jari.

Biaya memperbaiki layar itu mahal banget lo, girls!

Mau Laptop Awet? Lakukan 8 Tip Berikut

5. Bersih itu perlu

Jangan bekerja dengan laptop sambil makan dan minum. Apalagi makan gorengan, aduh … itu minyak bisa-bisa nempel di keyboard. Sedangkan minuman, kalau sampai minumannya tumpah ke keyboard, wah bisa bikin laptop hang juga.

Agar laptop awet dan untuk menghindari cipratan air, gunakanlah keyboard protector. Kalau nggak sengaja air tumpah ke keyboard, segera matikan laptop, cabut kabel adaptor dan baterai. Lalu segera keringkan dengan kain halus.

6. Harus stabil

Meski laptop punya daya sendiri dari baterainya, tapi teteup ya, tergantung juga pada listrik. Apalagi kalau lagi dipakai sambil di-charge.

Tegangan listrik yang naik turun akan membuat laptop melambat dan korslet. Sebaiknya gunakan stabilizer jika kita memakai laptop sambil di-charge.

7. Baterai awet

Baterai awet = laptop awet.

BACA JUGA:  Apakah Atasan di Kantor Kamu Termasuk Salah Satu dari 5 Tipe Ini? Begini Cara Menghadapi Mereka

Saat kita nggak memakai laptop dalam jangka waktu lama, cabutlah baterainya waktu menyimpan. Hal ini berguna agar baterai nggak cepat drop.

Simpan baterainya di dalam kantung kain dan beri silica gel untuk menghindarkannya dari lembap.

5 Jenis Karya Seni Sederhana yang Bisa Kamu Buat untuk Mengisi Waktu Senggangmu dengan Berfaedah

8. Sirkulasi oke

Laptop yang menyala butuh sirkulasi udara agar nggak cepat panas.

Makanya, jangan buru-buru memasukkan laptop ke dalam tas saat laptop masih menyala. Pastikan laptop benar-benar sudah mati ya.

Nah, girls, dengan sedikit usaha seperti di atas, dijamin deh laptop awet. Kerjaan jadi lancar deh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: