Trik Belanja

5 Tip Aman Transaksi Online

Gaya hidup masa kini memang lebih mudah dengan hadirnya internet. Mau ngapain aja bisa secara online, termasuk transaksi online.

BICARAPEREMPUAN.COM – Ya, belanja online memang membuat hidup menjadi lebih mudah. Namun, di balik bisnis ini, ada banyak penipuan yang bisa terjadi. Kalau enggak hati-hati, barang nggak sampai, duit pun hilang.

Bagaimana cara menghindarinya? Lakukan beberapa hal berikut, girls!

Aman Melakukan Transaksi Online

5 Tip Aman Transaksi Online

1. Cek reputasi online store

Terpercaya atau tidaknya penjual bisa dilihat dari perbincangan atau chat yang terjadi, misalnya di media sosial (Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, WhatsApp, Line, dan sebagainya)

Lihat jumlah follower, fans like, dan juga komentar netizen yang lain. Cek, apakah pengelola toko online ini aktif menajwab pertanyaan yang masuk.

Kalau di ecommerce atau marketplace, kamu juga bisa melihat track record transaksi online yang sukses dilakukan. Jika rasionya baik, maka online shop tersebut bisa dipercaya.

2. Penampilan dan nama

Toko online yang benar dalam menjalankan bisnisnya pasti akan serius menggarap penampilan display mereka di dunia maya. Mereka akan memasang banyak foto produk lengkap dengan klasifikasinya, mencantumkan spesifikasi dengan jelas, pun kontaknya sehingga mudah ditemukan.

Menurut data Badan Intelijen Negara (BIN), banyak situs online palsu yang sembarangan saja membuat tampilan toko online-nya. Dan begitu sudah dapat uang, akun ataupun situsnya ditutup dan pemiliknya kabur, untuk kemudian membuka toko online baru.

BACA JUGA:  Siasati Pengeluaran Belanja Baju dengan 8 Siasat Cerdas Ini!

Banyak pula yang mencatut nama brand yang sudah ternama lo, so kamu memang dituntut untuk benar-benar teliti sebelum melakukan transaksi online dengan siapa pun di dunia maya.

Hobi Belanja Online? Nggak Masalah Asal Perhatikan 11 Hal Ini!

3. Perhatikan iklan

Ya, perhatikan iklan yang muncul di platform atau media lain. Asumsinya, kalau suatu toko online mau memasang iklan di media lain, itu artinya mereka punya biaya khusus untuk marketing. Rasanya, akan sia-sia sekali jika merusak usaha branding mereka sendiri dengan usaha penipuan transaksi online.

Toko online yang begini akan menjaga nama baik perusahaannya untuk mendapatkan imbal balik berupa keuntungan dari penjualan, dan pasti tidak akan mengecewakan pembelinya.

4. Bandingkan harga

Salah satu keuntungan belanja online adalah karena bisa mendapatkan harga murah. Kadang ada saja toko online yang menawarkan program-program promo dan diskon, mulai dari buy 1 get 2 atau cashback. Lumayan membantu juga kalau keuangan kita lagi krisis, ya kan?

Namun, kalau harganya amat sangat jauh dari harga pasar, maka kamu patut curiga kalau mau melakukan transaksi online dengan mereka, girls. Banyak kasus penipuan pembelian gadget yang memasang harga bisa 4 kali lebih murah dari harga resmi, dan ternyata barangnya tak dikirim setelah uang ditransfer.

BACA JUGA:  Begini Tip Hemat Belanja Kosmetik Supaya Dompet Kamu Selalu Aman

Semurah-murahnya harga, maksimal hanya 30% off dari harga resmi barang asli. Inga ini ya, girls.

Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

5. Cara pembayaran tergesa-gesa

Kalau pemilik toko tak mau ditemui atau didatangi secara offline–biasanya mereka juga memberikan alamat usaha yang enggak jelas, atau malah nggak ada sama sekali–maka kamu perlu ragu jika ingin melakukan transaksi online dengan mereka.

Apalagi, kalau mereka mendesak-desakmu untuk segera mentransfer uang, dan nggak mau melakukan pembayaran cash on delivery. Wah, kamu mesti curiga nih.

Jangan terburu-buru mentransfer uang sebelum yakin akan keaslian tokonya atau barangnya ya.

Nah, supaya transaksi online yang kamu lakukan pasti aman, lakukan hal berikut ini:

  • Rahasiakan PIN, OTP, atau passwords akun kamu, apa pun akunnya. Khusus untuk password, ubah secara berkala.
  • Sedia antivirus yang memadai dalam laptop atau ponselmu sebelum kamu menyesal, karena para hacker biasanya akan “menyerang” dalam bentuk virus.
  • Jangan respons pesan spam, yang dikirimkan secara acak padamu.
  • Gunakan sistem pembayaran terpercaya, seperti Paypal, atau dompet digital yang lain. Atau paling aman sih melakukan transaksi online yang menggunakan rekening bersama, seperti yang ada di marketplace-marketplace sekarang.
  • Hubungkan akun marketplace atau e-banking dengan email ataupun sms di ponsel kamu, sehingga setiap kali ada transaksi online kamu akan menerima notif. Hal ini akan berguna banget untuk mendeteksi jika ada fraud secara lebih dini.
  • Kalau kamu merasa menjadi korban penipuan transaksi online, segera lapor polisi dan hubungi bank kamu secepatnya.
BACA JUGA:  6 Situs Belanja Online Paling Ngehits Sekarang Ini yang Bikin Kamu Nyaman dan Kalap Belanja

Nah, semoga transaksi online kamu selalu aman setelah memperhatikan dan melakukan hal-hal di atas ya, girls.

Tetap waspada!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: