Hidup Hemat Jadi Kocar-Kacir karena 5 Pengeluaran Kecil yang Sering Luput dari Perhatian Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Mau hidup hemat, girls? Kalau begitu, jangan pernah menyepelekan pengeluaran kecil. Bisa jadi, itulah yang membuat kamu jadi bangkrut!

Dalam menyusun anggaran keuangan, mungkin selama ini kamu hanya memperhatikan pengeluaran besar saja, tanpa memperhitungkan pengeluaran kecil.

Jangan salah! Justru pengeluaran seperti itulah yang membuat dompet kamu sudah kosong, padahal masih tanggal 10. Soalnya pengeluaran-pengeluaran kecil ini bisa terjadi setiap hari, bahkan setiap saat tanpa kamu sadari lo!

Pengeluaran kecil apa saja yang kadang terlewatkan, dan bikin boros? Mari kita lihat.

 

5 Jenis pengeluaran kecil yang bikin hidup hemat kita jadi gagal

 

Pengeluaran kecil yang bikin hidup hemat kocar-kacir.
Pengeluaran kecil yang bikin hidup hemat kocar-kacir. Image via BusinessTech
  1. Isi pulsa ponsel

Coba lihat kembali, Ma? Berapa kali dalam sehari kamu ngecek Instagram? Youtube? Download berbagai video dari WhatsApp? Dan seterusnya.

Pantas saja kuota kamu cepat habis. Padahal masih saja kirim SMS dan menelepon.

Jadi deh, kemarin baru nambah kuota, hari ini sudah habis. Hari ini isi pulsa, besok sudah kosong lagi. Dan yang kecil-kecil begini kadang lupa ditambahkan di anggaran bulanan.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

Agar kamu bisa berhemat kuota dan pulsa, mulailah masukkan anggaran pulsa dan kuota ke dalam daftar anggaran bulanan kamu. Saat sudah mencapai limit, maka kamu harus atur lagi.

 

  1. Ongkos laundry

Ini berlaku bagi kamu yang menggunakan jasa laundry.

Pertama, hitung berapa jumlah pakaian yang kamu pakai sehari, kalikan 30. Dari total tersebut, perkirakan berapa harga yang harus dibayar untuk mencuci baju tersebut.

Rincikan dalam anggaran, sehingga rincian pengeluaran juga akan lebih teratur.

 

  1. Menonton film dan hangout

Ya, sebelum film dimulai pastinya kamu akan beli pop corn dan soda dulu yes? Setelah film usai, mampir lagi deh ke food court atau kedai kopi.

Belum lagi berangkat dan pulangnya pakai taksi online.

Kebayang deh untuk satu malam nonton film saja berapa banyak yang harus kamu keluarkan.

 

4. Bayar parkir

Nah, ini juga pengeluaran yang kadang kamu keluarkan sehari sampai tiga kali, kayak minum obat, tapi lupa dicatat. Betul nggak, girls?

BACA JUGA:  Pengin Beli Barang-Barang Impian? Ini Dia 4 Tip Menabung ala Cewek Millenial

Misal, mampir ke minimarket buat beli jajan, terus balik ke rumah atau apartemen atau kosan. Terus tiba-tiba butuh obat flu. Pergi lagi deh ke apotek, untuk beli obat flu. Nggak kerasa, di minimarket kamu bayar parkir motor kamu, di apotek juga.

Coba bayangkan kalau hal ini terjadi beberapa kali dalam sehari. Kalau dikumpulkan, barangkali bisa dapat satu gelas es teler.

 

5. Beli kado atau iuran

Namanya juga bersosialisasi, kadang ada saja uang yang perlu kita keluarkan. Betul nggak, girls? Misalnya nih, si besties sebentar lagi ulang tahun. Nah, masa kita mau cuek saja? Padahal di ulang tahunmu yang lalu, ia kasih kado istimewa lo buat kamu!

Terus, misal nih, kamu bergabung ke komunitas hobi. Mungkin ada iuran ini itu ya, untuk uang kaslah atau apalah. Kalau kamu cuma bergabung di satu komunitas saja sih ya, masih mending. Kalau kamu bergabung ke banyak komunitas? Wah, kayaknya makin banyak deh iurannya.

BACA JUGA:  Siasati Pengeluaran Belanja Baju dengan 8 Siasat Cerdas Ini!

 

Nah, girls. Itu dia 5 hal yang bikin prinsip hidup hemat kita jadi kocar-kacir. So, coba deh, atur lagi ya. Minimal, setiap bulan kelimanya harus kamu masukkan dalam anggaran, supaya–minimal–kamu enggak kaget kalau di pertengahan bulan dompet kamu sudah kurus.

Dan, selanjutnya, kamu mesti bisa mencari solusi, bagian mana lagi yang harus dihemat ataukah mesti mencari uang tambahan.

So, selamat hitung-hitung, girls!

One thought on “Hidup Hemat Jadi Kocar-Kacir karena 5 Pengeluaran Kecil yang Sering Luput dari Perhatian Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.