Fashion

5 Tip Memilih Baju Kerja yang Sesuai dan Tampak Profesional

Baju kerja yang sesuai dapat membuat kita nyaman bekerja seharian tanpa krisis percaya diri.

BICARAPEREMPUAN.COM – Bekerja lima hari seminggu dari pagi hingga sore, sebuah rutinitas yang harus kita jalani, sebagai perempuan mandiri dengan karier cemerlang.

Capek? Jelaslah. Tapi itu sudah biasa. Yang penting adalah bagaimana supaya kita tetap nyaman seharian, dan nggak sampai krisis percaya diri. Biasanya sih, ini bisa dicapai dengan makeup yang pas, dan juga baju kerja yang cocok.

Well, lalu coba tengok lemari yang berisikan baju kerja. Sudah berapa lama tidak ada ‘anggota baru’ di deretan baju kerja kamu, girls? Kamu sering ngecek nggak, warna baju kerja apa masih bagus atau sudah pudar? Noda di kemeja putih apakan sudah bersih atau belum? Jangan-jangan masih ada bercaknya. Terus, pernah merasa nggak, celana atau rok yang dipakai sudah melar di bagian pinggang, nggak pas lagi di tubuh?

Nah, hal-hal kecil ini sering kali terabaikan karena kesibukan yang tiada henti lo. Lalu yang ada, kamu pun merasa kurang nyaman bekerja seharian.

Baju kerja adalah hal yang penting untuk seorang perempuan mandiri yang berorientasi pada karier, apalagi kalau kamu harus bertemu klien. Mau nggak mau, suka nggak suka, kamu harus tampil fashionable dong.

Penampilan fashionable tak selamanya harus mengikuti tren mode yang ada, tapi lebih bagaimana kamu memadupadankan isi lemari. Pemilihan baju kerja dan aksesoris yang tepat bisa menunjang penampilanmu di mata klien dan rekan kerja. Nggak harus yang fancy banget, cukup melakukan beberapa trik untuk mengatasinya.

BACA JUGA:  5 Trik Belanja Baju Branded Murah

Berikut ada beberapa tip dari BiPer untuk memilih baju kerja yang sesuai dan nyaman untukmu bekerja seharian.

5 tip memilih baju kerja dan aksesoris untuk penampilan maksimal kamu ke kantor

5 Tip Memilih Baju Kerja yang Sesuai dan Tampak Profesional

1. Investasi Outer yang Netral

Pagi hari adalah waktu yang hectic! So, kamu harus pintar menyiasati waktu yang sedikit untuk memilih baju kerja yang tepat.

Ada baiknya kamu punya beberapa outer yang berwarna netral, seperti hitam, cokelat, putih, merah muda, peach, dan merah.

Memiliki beberapa outer itu sangat menguntungkan, girls. Kamu tinggal memilih kemeja saja, dengan warna apa pun entah bermotif atau tidak, lalu padukan dengan outer!

Waktu yang sedikit tak menghalangimu untuk tampil maksimal ke kantor.

2. Miliki Pakaian yang Tidak Perlu Disetrika

Masih aja mengandalkan setrika untuk membuat bajumu tetap rapi? Nggak masalah sih. Tapi, akan lebih cepat bila proses menyetrika dilewati. Iya nggak sih?

Pilihlah baju kerja berbahan crepe, agar kamu bisa mengenakannya tanpa perlu repot menyeterika.

Selain baju, blazer juga bisa menjadi andalan. Dari sekian banyak model blazer yang ada, kamu bisa memilih dengan model yang sederhana namun memiliki detail yang cantik. Pilihlah blazer model tanpa kerah, berbahan rayon atau berbahan polyester.

Tentu saja, harus disesuaikan dengan kenyamanan kamu sendiri saat mengenakannya.

3. Beli Sepatu yang Cocok dan Praktis

Satu hal yang bisa membuat kita bisa tampil gaya maksimal di kantor adalah bermain dengan bermacam-macam model sepatu.

Jangan salah. Kebanyakan dari perempuan bekerja ini terlalu pusing memilih baju kerja apa yang akan dikenakan untuk ke kantor, tapi justru lupa betapa pentingnya sepatu.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Model sepatu wanita kini kian beragam dan sangat banyak pilihan warnanya. Mulai dari heel, flat, strap-pointy pump, classic pump. Pada hari-hari tertentu, kamu bisa memakai ankle boots, platform atau wedges.

Nah, yang penting untuk kamu ingat. Sebelum kamu memilih sepatu mana yang akan dibeli, jangan lupa pilih warna yang sesuai dengan baju kerja yang sudah kamu punya. Selain baju dan sepatu yang sepadan bisa menjadikan penampilanmu terlihat lebih rapi, juga terlihat sangat elegan dan juga profesional.

4. Tambahkan Aksesoris Seperlunya

Yes, tambahan aksesoris bisa membuat kamu tampil lebih profesional dan feminin sepanjang hari.

Beberapa aksesoris yang bisa dipadupadankan dengan baju kerja antara lain bros, jam tangan, scarf, atau kalung yang pastinya harus disesuaikan dengan atasan baju kerja yang kamu kenakan.

Kamu juga bisa menambahkan sabuk tipis untuk melingkari rok pensil kamu. Kamu akan terlihat modern dan berkelas secara instan.

5. Pilih Baju Kerja dengan Satu Warna

Tahu nggak sih, girls, bahwa ada beberapa kode etik dalam fashion–utamanya dalam busana kerja? Secara umum, terdapat 4 tipe busana kerja, yaitu kasual, bisnis kasual, formal kasual dan profesional.

Tipe busana kerja kasual memungkinkanmu memakai rok dari katun, atau jeans dengan berwarna gelap lalu dipadukan dengan blus atau baju berbahan kaus. Sepatu yang dikenakan juga terbuka, tetapi bukan berarti pakai sendal atau sepatu olahraga ya.

Blus satu warna yang dipadukan dengan kardigan termasuk dalam tipe busana bisnis kasual. Padankan dengan sepatu flats atau loafers.

BACA JUGA:  4 Tipe Pekerja yang Selalu Ada di Setiap Kantor - Kamu Termasuk yang Mana?

Tipe formal kasual biasanya digunakan saat ada meeting dengan klien yang penting. Akan bagus jika kamu memadukan kemeja putih dan setelan dengan warna gelap, seperti biru atau hitam dipadukan dengan heels tertutup berwarna netral.

Sedangkan, gaya busana kerja dengan tipe profesional sedikit berbeda dengan bisnis formal. Tipe ini memperbolehkan lebih banyak warna selain hitam dan putih. Selain itu, tipe busana profesional juga memperbolehkan perhiasan dan pemakaian aksesoris yang tidak mencolok.

Nah, keempat tipe gaya busana kerja ini adalah yang paling sering digunakan dalam keseharian di kantor.

Tapi tentu saja, setiap kantor atau perusahaan punya peraturan masing-masing. Jadi, cek dulu ke HRD ya. Tapi warna yang aman dipakai adalah warna yang netral dan satu warna ketimbang pakaian dengan dengan banyak motif.


Nah, girls, oke kan 5 tip memilih baju kerja di atas demi kenyamanan kamu bekerja seharian? Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: