Baju Kerja akan Menentukan Tingkat Profesionalisme Kamu – Simak 4 Tip Berikut!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Memilih baju kerja memang sedikit tricky ya, terutama sih mesti disesuaikan dengan jenis pekerjaanmu, kebijakan kantormu, dan juga kondisi tempat kamu berada.

Buat kamu yang bekerja di kantor yang sudah ditentukan dress code-nya–alias punya seragam kerja–ya, nggak bisa enggak kamu harus mematuhinya. Pakailah baju kerja seperti yang sudah ditentukan.

Nah, permasalahan biasanya timbul pada kamu yang bekerja di kantor yang tidak ditentukan seragamnya, tapi ada etika-etika tertentu yang harus kamu patuhi.

Umumnya sih baju kerja disesuaikan dengan bidang pekerjaan perusahaan tempat kamu bekerja. Misalnya, kalau kamu bekerja di perusahaan yang–you know–formal, maka baju kerja kamu pun harus menyesuaikan. Minimal, kamu harus punya beberapa potong baju yang “berbau” resmi, seperti pencil skirt, blouse, dan blazer.

Sebaliknya, dengan kamu yang bekerja di perusahaan yang bergerak di industri kreatif, biasanya sih lebih fleksibel ya, girls. Misalnya, sebagian kantor kreatif memperbolehkan karyawannya untuk pakai T-shirt, dan jeans.

 

So, terlepas dari jenis seperti apa yang kamu pakai, untuk memilih baju kerja yang tepat, berikut ada beberapa tip buat kamu.

 

BACA JUGA:  Tren Fashion Terbaru: Tas Wanita Imut-Imut Berbentuk Makanan - Enaknya Dipakai atau Dimakan?
Tip memilih baju kerja. Image via mdzol
Tip memilih baju kerja. Image via mdzol
  1. Potongan baju kerja yang kamu pilih akan memengaruhi tingkat profesionalisme

Pastikan kamu tetap memiliki beberapa potong dari masing-masing jenis pakaian, seperti rok model pensil, blazer, atasan putih dengan bahan tekstur, kardigan sederhana dan terusan shift dress. Ya, ini juga penting kamu punyai meski kamu bekerja di perusahaan industri kreatif. Karena siapa tahu, suatu kali nanti kamu harus bertemu klien. Nah, saat itulah kamu juga mesti memperlihatkan tingkat profesionalitas kamu dengan mengenakan baju yang pantas.

 

2. Tambahkan aksesori

Sebagai aksesori, pastikan kamu punya ikat pinggang berwarna hitam dengan model skinny. Juga tas model structured, alias tidak berbentuk terlalu lemas atau fleksibel ya, girls.

 

3. Pakai sepatu yang sesuai

Jangan lupa dengan detail sepatu ya, girls.

Pastikan kenakan sepatu model pump, berwarna hitam—boleh berbahan suede atau kilap—sesuaikan dengan suasana kerja di kantormu ya.

Atau, jika kamu bekerja di perusahaan industri kreatif, pasti punya preferensi sendiri juga soal sepatu. Kamu harus menyesuaikannya. Yang pasti, kamu harus punya sepatu yang layak ya, girls.

BACA JUGA:  7 Mitos Fashion Ketinggalan Zaman yang Nggak Perlu Lagi Kamu Lakukan

Jika pekerjaanmu penuh aktivitas gerak yang tinggi, kenakan sepatu model datar sehingga nyaman di kaki.

Perhatikan alas kaki di bagian dalam sepatu. Jika bahannya suede, sepatu itu akan mudah menyebabkan bau akibat keringat saat beraktivitas. Agar aman, pilih yang berbahan kulit saja.

 

4. Miliki outer yang sesuai

Jika aktivitasmu banyak di dalam ruangan AC, kamu bisa sediakan kardigan atau blazer warna polos, seperti hitam atau cokelat, untuk selalu ada di kantor.

 

Nah, dengan beberapa basic items baju kerja seperti di atas, kamu pasti akan nyaman bekerja, pun sesuai dengan ketentuan yang ada di kantormu.

Happy working, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.