Kesehatan

Tip Sehat dan Bugar ala Atlet Olimpiade untuk Bantu Kamu Semangat Olahraga

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu suka olahraga? Atau ingin mulai menerapkannya sebagai bagian dari gaya hidup? Atau justru mengincar bonusnya yang bikin langsing dan muka segar? Pas banget! Karena sekarang BiPer akan share tip sehat ala atlet Olimpiade nih.

Ya, pastinya sih kalau mau tip itu paling oke ya kalau kita mendapatkannya dari para ahli. Betul kan, girls? Dan, ahlinya tip sehat dan bugar ini siapa lagi kalau bukan para atlet Olimpiade, atau dari para tenaga medis, barangkali ya?

Tapi, hmmm … tip sehat dari tenaga medis sepertinya sudah biasa. Sekarang, kita gantian deh simak beberapa tip bugar dan sehat dari para atlet Olimpiade. Siapa tahu nih, bisa bikin pola hidup kamu semakin tambah sehat, yes?

 

5 Tip sehat dari para atlet Olimpiade

 

1. Jadilah Manusia Pagi

Bangun sepagi mungkin deh, girls! Pukul berapa sih, bangun pagi yang paling ideal itu?

Well, menurut para atlet Olimpiade ini, sekitar pukul 04.30 itu sangat ideal. Udaranya masih sangat segar dan bersih.

Selain itu, biasakanlah sarapan pagi. Ini juga termasuk ritual wajib di pagi hari nih, girls.

Menurut peraih 18 medali Olimpiade cabang renang dari Amerika Serikat, Natali Coughlin, kita harus sarapan setiap hari, girls. Sebab, menurut Natalie, sarapan itu adalah fondasi kritis aktivitas kita sehari penuh.

Dan, tentu saja, kita harus bijak menentukan menu yang akan kita siapkan untuk sarapan. Kata Natalie, “If you start your day off with a doughnut, you’re kind of trash that day.”

BACA JUGA:  11 Masalah Kesehatan yang Dapat Dilihat dari Kuku Kamu

Ya, kurang lebih maksudnya sih, kalau kita sarapan secara asal dengan menu tinggi gula dan minyak, maka kemungkinan kita akan bagaikan ‘kantung sampah’ seharian, karena kita ‘mengantungi’ makanan tak sehat dalam tubuh kita. Sebaliknya kalau kita memilih makanan sehat mulai sejak pagi, maka seharian kita akan tetap bugar, lantaran ‘bensin’-nya sendiri juga sehat.

Jadi menurut Natalie lagi, kalau kita membiasakan diri selalu mengonsumsi makanan sehat, sebenarnya kita sedang menjaga kesehatan kita di masa depan. Untuk sarapan, Natalie sendiri menyarankan kita mengonsumsi kopi dan menu bergizi seimbang antara karbohidrat dan protein. Menu ini memenuhi kebutuhan tubuh akan energi dan membuat kita bertenaga seharian.

 

2. Jadwalkan makan saat olahraga

Atlet voli pantai Kerri Walsh punya kebiasaan menyiapkan menu khusus untuk dimakan sebelum, di tengah-tengah, dan setelah olahraga, girls.

Kerri biasa makan protein antara satu hingga satu setengah jam sebelum berolahraga. Di sela-sela olahraga, Kerri akan mengonsumsi minuman energi yang mengandung tinggi ion untuk menjaga level energinya agar latihannya juga berakhir dengan aman dan tetap berenergi setelahnya.

Hmmm, patut dicoba juga nih.

 

3. Berteman dengan Karbo

Banyak diet ekstrem yang menyarankan kita untuk segera putus hubungan dengan karbohidrat. Tapi, rupanya para atlet justru tidak pernah menghindari karbo lo!

Peraih medali emas sepakbola wanita, Abby Wambach, mengaku nggak pernah bisa melewatkan hari tanpa karbo.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

“Human being need carbohydrates,” kata Abby yang berpendapat kalau karbohidrat itu ibarat bahan bakar pada mobil. Kalau tanpa bahan bakar, mobil nggak bisa jalan kan?

Diet tanpa karbo memang cepat menurunkan berat badan, tetapi menurutnya, ketimbang diet karbo mending kita membuat rencana menu diet yang disusun khusus yang disesuaikan dengan tubuh kita.

Hal ini dilakukan supaya kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, sekaligus menemukan menu makan penurun berat badan yang paling sehat dan sesuai dengan tubuh kita.

Hal ini didukung oleh penelitian terbaru yang menyatakan, bahwa tidak ada satu obat untuk semua manusia. Maksudnya, tidak ada satu metode penurun berat badan paling ampuh yang sama untuk semua orang. Yang ada adalah pola diet penurun berat badan yang khusus untuk setiap individu, karena masing-masing punya kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.

 

4. Redakan Stres dan Ketegangan

Atlet senam, Nastia Liukin, menekankan arti penting keseimbangan emosional yang sangat berpengaruh pada stabilitas mental. Nastia menyarankan agar kita tidur cukup, rutin berolahraga, dan melakukan hal yang membuat kita happy–entah itu cuma creambath ke salon atau membaca buku yang kita sukai sambil makan camilan sehat favorit.

Stres membuat kita impulsif dan cenderung membuat keputusan tidak sehat. Jadi, girls, cobalah untuk memanjakan diri sedikit di sela kesibukanmu, yes?

 

5. Ingatlah Pentingnya Istirahat yang Berkualitas

Atlet renang Olimpiade, Summer Sanders, menekankan pentingnya istirahat berkualitas yang cukup.

BACA JUGA:  5 Jurus Ampuh Badan Fit demi Penampilan Fashionable Sepanjang Waktu

Menurut Summer, saat tubuh mulai nggak enak, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendengarkan apa kata tubuh.

Beristirahatlah untuk mengantisipasi keinginan untuk memaksa tubuh. Lakukan cross training, misalnya kalau kamu hobi banget berlari, maka penting juga untuk sesekali melakukan yoga. Jika kamu terlalu sering melakukan jenis olahraga high impact, maka penting untuk mencoba berenang di antara jadwal latihan kamu.

Dan tentu saja di waktu malam, berangkatlah tidur paling lambat pukul 9 malam. Dengan demikian, tubuhmu akan selalu segar dan berenergi.

 

Itulah sedikit tip sehat dari para atlet Olimpiade pemenang medali emas.

Yah, meski kita amatir, tapi nggak ada salahnya kan ikut menerapkan gaya hidup para atlet sungguhan? Siapa tahu suatu saat bisa andil di turnamen entah apa. Iya kan, girls?

Semangat berolahraga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: