Karakter

5 Tipe Teman yang Terlalu Berbahaya untuk Kewarasanmu

Teman, bisa membuat diri kita “kaya” tapi juga bisa membuat diri kita sengsara. Mau tipe teman yang mana, kita sendiri yang memutuskan.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu punya banyak teman? Wah, betapa menyenangkan! Banyak teman berarti makin banyak pula wawasan dan networking yang bisa kita dapatkan. Betul?

Apalagi zaman sekarang. Sepertinya makin mudah saja kita memperoleh teman bukan, girls? Cukup buka media sosial dan jutaan orang yang siap menjadi teman kita

Namun, ada baiknya, kita memilih tipe teman seperti apa yang seharusnya kita punya. Mengapa harus pilih-pilih?

Begini. Kalau kita berdiri dekat dengan pedagang parfum, bisa jadi kita akan ikut wangi. Iya nggak? Begitu juga kalau dekat dengan tempat pembuangan sampah. Ya, aromanya bisa saja menempel di badan.

Analoginya, jika kita berteman dengan orang kreatif, lambat laun kita pun tertular sifat kreatif mereka. Kita seperti berada di dimensi baru, bisa berpikir out of box. Sebaliknya, jika lingkaran teman terdekat kita cenderung suka bergosip, percaya kan, kita pun akan ‘tertular’ dengan kebiasaan mereka itu.

Dan, pastinya, kamu pun harus bisa memilah tipe teman seperti apa yang ‘satu frekuensi’. Supaya apa? Ya, supaya nyambung!

Berarti memang kita harus memilih-milih teman kan? Yes! Demi kewarasan kita sendiri!

Lalu, gimana bisa menentukan mana tipe teman yang tepat dan yang bukan?

Well, kamu bisa mulai dengan mengenali beberapa tipe teman yang sebaiknya dihindari, karena akan membawa pengaruh buruk bagi diri kita sendiri.

5 Tipe Teman yang Sebaiknya Dihindari

5 Tipe Teman yang Terlalu Berbahaya untuk Kewarasanmu

1. Si Pesimis

Bergaul dengan tipe teman yang seperti ini, maka hari-harimu akan terlihat kelam.

BACA JUGA:  "Kapan Nikah?" - 7 Jawaban Cerdas untuk Menjawabnya

Bagimana tidak, tipe teman seperti ini memiliki kebiasaan melihat masalah ketimbang hal positif dari berbagai hal yang dihadapinya. Sifat negatif seperti ini sangat menular, girls. Jadi pastikan untuk menjaga jarak saat bergaul dengan tipe orang pesimis.

Gejala saat menghabiskan banyak waktu dengan tipe teman pesimis adalah hilangnya sikap optimis, ketidakpuasan dengan kegiatan sehari-hari, sikap cengeng dan suka mengeluh yang mencapai level parah.

2. Tukang cemburu

Nah, tipe teman seperti ini adalah tipe yang sukanya menginginkan apa yang Mama miliki. Dari cemburu lalu ke iri hati lalu ke dengki. Nggak bisa melihat prestasi yang sudah kamu raih, ia memilih untuk nyinyir di belakang.

Teman yang baik tentunya akan senang mengetahui keberhasilan sahabatnya. Jelas, tipe teman seperti ini bukanlah teman yang baik, girls.

Gejala ketika karakter ini mulai merasuki kehidupanmu adalah ketika kamu merasakan ketidakpuasan yang tidak biasa dan rasa bersalah yang tidak beralasan untuk hal-hal yang sebelumnya selalu kamu syukuri.

Dijauhi Teman? That's Painful! 7 Kemungkinan Alasan dan Apa yang Harus Dilakukan?

3. Tukang gosip

Well, kita harus mengakui kalau kaum perempuan itu hobinya gosip. Dari mulai gosip artis sampai gosip teman sekantor, kita pasti demen deh.

Tapi, si tukang gosip ini suka membuat cerita yang seolah-olah nyata kemudian disebarluaskan. Atau hanya berbekal sepotong cerita, maka dibuatlah cerita baru yang lebay kemudian diceritakan ke mana-mana.

Are you sure, ingin menjadi orang yang suka berbicara tentang orang lain di belakang mereka?

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Tipe teman seperti ini membuat semua hancur dengan begitu mudah dan sulit terhindarkan. Ia senang membuat orang lain terlihat buruk.

Gejala yang kamu alami ketika berteman dengan tipe ini adalah cara menilai orang lain yang tidak adil akan meningkat. Ouch!

4. Si Pengkhianat

Kamu pastinya tahu kan, teman-teman mana yang bisa dipercaya atau tidak?

Well, jangan pernah memberi kepercayaan pada seseorang yang tidak berhak menerimanya. Tipe teman seperti ini ingin selalu berada di atas angin, dan berteman dengan tipe yang satu ini hanya memberikan peluang padanya untuk mencuri kesempatan apa pun darimu.

Ingat cerita Julius Caesar? Julius tampaknya tidak terlalu terkejut ketika Brutus mendekatinya dengan pisau. Di sini kita bisa melihat, bahwa seorang teman dekat pun bisa ‘membunuh’ kita kapan saja. So, hati-hatilah saat memutuskan untuk memberikan satu kepercayaan.

Gejala yang muncul saat berteman dengan tipe teman seperti ini adalah reputasi kita mulai terlihat rusak, harga diri hilang, dan meningkatnya keinginan untuk melukai orang lain.

5. Si Penyebar Hoaks

Penyakit satu ini tengah mewabah seiring derasnya arus informasi dan makin banyak orang yang bisa mengakses media sosial.

Kadang kita nggak bisa mungkiri teman baik sekalipun ketika berhadapan dengan media sosial menjadi sosok yang berbeda. Informasi yang tumpah di media sosial pun kadang tidak difilter, hanya membaca judul saja langsung dishare!

Tipe teman penyebar hoaks seperti ini lebih suka menyebarkan berita tanpa membacanya terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Cemburu Bisa Merusak Hubungan - Lakukan 5 Tip Ini Untuk Mengendalikan Rasa Cemburu!

Gejala yang muncul saat berteman dengan tipe ini adalah kamu cenderung merasa selalu benar akan satu hal, ikutan menyebar berita tanpa difilter.

So, girls, walaupun 5 tipe teman ini bisa menularimu, ada baiknya kamu tetap berhati-hati saat mengeliminasi mereka dari kehidupanmu. Kalaupun kamu mencoba untuk tetap bertahan terus berteman dengan mereka, semoga kebaikanmu bisa memiliki efek menyembuhkan bagi mereka.

Namun, ini bukan berarti kamu punya kewajiban memperbaiki sifat teman, ya.

Di sisi lain, kamu bisa menghindari bergaul dengan 5 tipe teman berbahaya di atas. Membatasi kehadiran mereka di lini masa maupun cairkan pengaruh mereka saat berada di dalam satu grup. Dan jika teman ini tidak terlalu kamu kenal, just remove him/her completely!

Sometimes, we must cut some peoples in our life to keep our sanity, right?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: