Kesehatan

Setelah Berolahraga, Lakukan 3 Treatment Berikut Agar Tubuh Tambah Segar

Bagus! Kamu sudah rutin berolahraga sekarang. So, untuk membuat tubuhmu segar setelah berolahraga, maka kamu harus …

BICARAPEREMPUAN.COM – FYI, girls. Setelah berolahraga, kadang ada jaringan otot yang “rusak” lantaran gerakan-gerakan yang sudah kamu lakukan. Apalagi jika kamu posisinya sekarang baru mulai berolahraga lagi setelah lama tak melakukannya.

So, kamu akan membutuhkan waktu untuk relaksasi dan usaha untuk recharge energi untuk pulih kembali. Tenang. Enggak butuh tukang pijat kok!

Berikut post-workout treatment yang harus kamu lakukan setelah berolahraga, agar kamu siap berlatih ke tahap selanjutnya.

Cup of recharge

Setelah berolahraga: cupping
Setelah berolahraga: cupping

Cupping atau yang disebut bekam di Indonesia telah diperkenalkan oleh Dr. Ahmed Younis, presiden British Cupping Society sebagai “terapi kuno yang melibatkan penghisapan lokal dengan memobilisasi aliran darah untuk penyembuhan”.

Bekam mulai digunakan tidak hanya oleh Victoria Beckham, Nicole Richie, dan Kim Kardashian, namun juga di kalangan para atlet Olimpiade lo, girls.

Misalnya saja Michael Phelps yang melakukan cupping ini untuk meredakan rasa sakit, masa penyembuhan hingga cedera otot yang memakan waktu relatif lebih cepat.

BACA JUGA:  Perut Buncit Bisa Jadi Tanda Awal 6 Penyakit Ini!

Metode bekam yang digunakan adalah dry cupping, dan salah satu bentuk dari dry cupping yang juga disebut sebagai massage cupping, menggunakan minyak pada kulit sebelum penghisapan dan terjadi setelah vakumisasi. Gelas atau kop digerakkan seperti inverse massage therapy.

“Sebagai salah satu prosedurnya, terapi cupping sangat fleksibel dengan menggunakan minyak pijat yang dapat merawat kejang serta lelah otot setelah berolahraga,” ujar Dr. Kaleem Ullah Rajput, profesor dari Integrated Medicine and General Secretary British Cupping Society.

Aquatic rush

Setelah berolahraga: Aquatic rush.
Setelah berolahraga: Aquatic rush. Sumber: cabuchon

Hidroterapi ini menggunakan air dengan berbagai cara, seperti berendam sampai bahu memakai suhu 32-35 derajat Celcius selama 20 menit.

Sitzbah dengan air panas dan dingin secara bergantian yang juga dikenal sebagai ‘mandi pinggul’ hingga pijat air yang menggunakan shower untuk relaksasi, seperti pijat, akan meredakan radang sendi, sakit punggung, nyeri otot, kram, dan kaku, termasuk sesaat setelah berolahraga.

Hal ini karena hidroterapi yang merangsang produksi endorfin dan membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah agar memasok oksigen yang lebih banyak ke jaringan yang mengalami pembengkakan.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

Choco crush

Perempuan Suka Makan Cokelat karena 4 Hal Ini!

Susu cokelat ternyata bisa membantu perbaikan jaringan otot yang rusah setelah olahraga dan dapat mempersingkat waktu pemulihan juga lo, girls.

Namun, susu cokelat ini hanya berlaku untuk kamu yang memang intens dalam berolahraga, karena energinya cukup besar dengan takaran porsi gula dan protein yang seimbang.

Menurut Joel Stager, seorang profesor kinesiology di Universitas Indiana, rasio yang ditargetkan adalah 4 gram karbohidrat dibanding 1 gr protein.

Porsinya antara 8 – 16 ons, tergantung seberapa intens, frekuensi, juga durasi olahraga yang dilakukan. Termasuk juga umur, jenis kelamin, dan berat badan.

Nah, jadi enggak perlu khawatir, badan pegal atau sakit setelah berolahraga. Lakukan saja salah satu dari ketiga treatment di atas, pasti tubuhmu langsung segar lagi dan siap untuk latihan berikutnya.

Hello, tubuh sehat dan bugar!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: