Kecantikan

5 Trik Makeup Flawless yang Praktis untuk Keseharian

Pengin pake makeup flawless? Simak deh sampai selesai.

BICARAPEREMPUAN.COM – Sebagai perempuan, pake makeup itu penting banget ya, girls. Tapi kan, nggak tiap hari kita mesti pakai makeup full? Paling ke acara-acara penting, seperti undangan nikahan, reuni, gala dinner, full makeup memang perlu.

Untuk keseharian? Pas mau kuliah atau kerja? Makeup biasa aja deh, nggak perlu menor. Ntar malah dibilang norak atau ditanya, “Mau ngelenong ke mana, Neng?” Idih.

Yes, yang biasa, tapi kalau bisa ya yang bikin muka kelihatan flawless. Ya, minimal kayak Maudy Ayunda atau Vanesha Prescilla, gitulah ya. Dilihat juga bening, dan bersih aja gitu.

Bisa nggak sih? Bisa dong. Yang perlu kamu tahu adalah trik makeup flawless dasar. And then, minimal kamu harus memiliki beberapa produk kecantikan untuk menunjangnya.

Nah, prinsip makeup flawless adalah memilih warna makeup dasar yang serupa dengan warna kulit asli kita. So, yang pertama harus kamu pahami adalah apa sih warna dasar alias undertone kulitmu?

Prinsip pertama untuk makeup flawless: kenali undertone.
Prinsip pertama untuk makeup flawless: kenali undertone. Via Tempo.

Untuk menentukan warna undertone ini memang ada beberapa macam cara. Cara paling mudah adalah dengan melihat warna urat nadi yang sering terlihat di pergelangan tangan sebelah dalam, di bawah cahaya matahari. Kalau warna urat nadinya cenderung hijau maka undertone kamu adalah warm; ini berarti adalah sawo matang, dan segala macam shade cokelat. Kalau warnanya cenderung biru dengan sedikit warna keunguan maka undertone-mu adalah cool; artinya ke terang seperti kuning langsat, putih, dan seterusnya.

BACA JUGA:  Perawatan Rambut Dengan 3 Bahan Alami Ini Bisa Menyehatkan Rambutmu

Kalau undertone kamu sudah ketahuan, maka jadikanlah sebagai pedoman untuk memilih warna makeup dasar yang kamu pakai. Inilah yang akan menjadi modal makeup flawless kamu.

And, here some tricks for makeup flawless, yang praktis dan mudah dilakukan untuk keseharian kamu.

5 Trik makeup flawless yang praktis untuk keseharian

1. Awal yang bersih

Sebelum merias wajah, pastikan tangan, peralatan tata rias dan kulit wajah dalam keadaan bersih. Ini penting banget ya, girls! Jangan sampai ada sisa-sisa makeup sebelumnya yang ketinggalan.

Bersihkan kulit wajah dengan cleanser dan toner. Saat masih lembap, aplikasikan serum, pelembap dan tabir surya.

2. Primer: important!

Bisa jadi, dalam makeup flawless, peran primer hanya dikatakan sebagai pelengkap.

Namun, kalau kamu pengin makeup flawless yang maksimal, primer ini wajib! Lantaran ia dapat digunakan untuk menyamarkan kerutan, kulit terhindar dari kesan berminyak, dan meratakan warna kulit.

So, kalau kamu memiliki kulit cenderung kusam, gunakan primer warna pink untuk memberi kesan kulit lebih bersinar. Sedangkan, primer warna ungu cocok digunakan untuk kulit cenderung pucat (cool), sedangkan warna hijau dapat menetralkan kulit kemerahan (warm).

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, pakailah primer yang all matte atau oil free.

3. Pilih warna dan gunakan concealer dengan tepat

Hindari menggunakan concealer secara berlebihan, karena akan membuat area wajah yang hendak disamarkan menjadi makin terlihat.

Di pasaran tersedia aneka warna concealer, seperti ungu, kuning, hijau, oranye dan nude. Warna tersebut adalah warna dasar yang dibutuhkan untuk menetralkan warna kulit wajah yang bermasalah.

BACA JUGA:  Mau Punya Kulit Sehat? Konsumsi 8 Makanan Ini Setiap Hari!

Jadi, bagaimana cara menentukan concealer yang tepat? Lakukan beberapa hal berikut saat memilihnya:

  • Untuk menetralkan warna kulit wajah yang bermasalah, kamu harus menggunakan warna concealer yang berlawanan.
  • Warna kebiruan yang cenderung gelap pada bawah mata dapat dinetralkan dengan concealer warna oranye, sedangkan kemerahan seperti (bekas) jerawat dapat dinetralkan dengan concealer warna hijau, yang kemudian dilapisi lagi dengan concealer warna nude.
  • Jangan hanya menggunakan concealer warna nude saja, jika kamu pengin pakai makeup flawless ya, girls, karena nggak akan bisa menyamarkan warna kulit bermasalah.

4. Memilih alas bedak yang tepat

Warna alas bedak yang tepat dapat membuat kulit tampak alami untuk makeup flawless kamu; nggak akan belang dan nggak tampak seperti topeng.

Triknya adalah belilah alas bedak di siang hari, dan pakailah atasan warna putih saat membelinya, untuk memberi refleksi cahaya yang tepat pada kulit wajah.

Sebelum beli, cobalah terlebih dahulu 3 warna alas bedak dalam 3 tingkatan tone yang berbeda. Lalu, amati di bawah cahaya alami, atau yang cenderung putih.

Pilihlah warna alas bedak yang serupa (atau paling serupa) dengan warna kulit kamu yang sebenarnya.

Nah, cara memakai alas bedak ini juga sedikit tricky. Saran BiPer, hindarilah mengaplikasikan alas bedak dengan menitik-nitikkannya terlebih dahulu pada beberapa area wajah sebelum kemudian kamu meratakannya.

Cara ini, selain memicu alas bedak menjadi mudah kering, juga justru akan membuat wajahmu jadi tampak belang. Agar hasil makeup flawless kamu lebih maksimal, alas bedak perlu diaplikasikan dengan teknik baur yang cepat.

BACA JUGA:  Merawat Wajah Kusam dengan 3 Bahan Alami

Aplikasikan alas bedak ada area terpenting, seperti bawah mata, dagu, hidung dan dahi, lalu ratakan dengan jari tangan, spons, atau brush.

5. Akhiri dengan polesan bedak tabur

Pilih bedak tabur berwarna kekuningan untuk memberi kesan wajah cerah yang khas pada makeup flawless. Aplikasikan dengan bantuan powder brush atau spons. Jika kamu menggunakan spons, gunakan dengan cara ditepuk dan digeser.

Untuk makeup flawless ini memang kembali lagi ke pribadi masing-masing sih, sebenarnya. Ada yang pengin kelihatan cerah, kecokelatan, tapi apa pun itu, ingat, prinsip dasarnya adalah warna yang serupa dengan kulit aslimu. Jadi, jangan sampai, kulit wajah putih, sedangkan kulit tanganmu sawo matang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: