Resep Praktis

3 Variasi Resep Ayam Mudah dan Praktis

Pengin masak variasi resep ayam yang mudah dan praktis nggak pakai ribet? Cobain 3 resep ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hei, girls! Resep praktis datang lagi! Seperti biasa, BiPer akan share beberapa resep tanpa ribet nggak pake mahal yang bakalan dengan mudah kamu masak sendiri.

Bahan masakan yang paling mudah ditemukan di mana pun, selain telur, adalah daging ayam. Mudah juga dimasak apa pun, pasti enaknya. Kamu juga penggemar masakan berbahan dasar ayam, girls?

Kalau iya, coba deh, 3 resep ayam berikut! Masaknya gampang, hasilnya dijamin enak!

Resep Ayam Panggang Kecap

Resep Ayam Panggang Kecap
Resep Ayam Panggang Kecap – Sumber: Blog Elevania

Bahan:

  • 1 ekor ayam yang muda (ayam kampung lebih baik)
  • 10 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • ¾ gelas kecap manis
  • ½ gelas air
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat:

  • Setelah ayam dibersihkan, bisa dipotong-potong. Tapi kalau kamu pengin membiarkannya utuh juga enggak masalah.
  • Panggang dengan api arang sampai matang.
  • Bawang, cabai dan garam dihaluskan, lalu tambahkan air rebus dan tambahkan kecap.
  • Rebus bumbu bersama ayam dengan api kecil agar bumbu meresap dan ayam empuk.
  • Setelah berwarna kecokelatan, matikan api dan angkat ayam.
  • Hidangkan panas-panas.
BACA JUGA:  Resep Praktis: Tartine Salmon Asap dan Tomat

Resep Ayam Saus Tiram

Resep Ayam Saus Tiram
Resep Ayam Saus Tiram. Sumber: sajiansedap

Bahan:

  • 1 ekor ayam, dipotong-potong
  • 1 sendok makan kecap
  • ½ sendok teh jahe
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 4 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula
  • ½ sendok teh garam
  • 1 cangkir air
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan tepung maizena atau tepung sagu

Cara membuat:

  • Ayam diberi bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, biarkan beberapa saat agar meresap.
  • Panaskan minyak, ayam digoreng dalam minyak panas. Jika sudah kecokelatan, angkat.
  • Masukkan bumbu lainnya ke dalam wajan, masak selama 15 menit.
  • Tambahkan air dan tepung, masukkan kembali ayamnya. Masak hingga matang.
  • Hidangkan panas-panas.

Resep Ayam Wijen

Resep Ayam Wijen
Resep Ayam Wijen. SUmber: ResepKoki

Bahan:

  • 1 ekor ayam muda
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 5 cm jahe, haluskan
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • Garam dan merica secukupnya
  • 3 sendok makan biji wijen, disangrai sebentar
  • Putih telur dari 1 butir telur, dikocok sedikit
  • ½ botol minyak goreng

Cara membuat:

  • Ayam dibersihkan. Kepala, leher dan cakar disisihkan, karena tidak dipakai. Potong menjadi  beberapa bagian, besarnya sesuai selera.
  • Campur ayam dengan bawang putih, jahe, minyak wijen, garam dan merica. Biarkan selama 15 menit agar bumbu merasuk.
  • Celupkan ayam ke dalam kocokan putih telur, kemudian gulingkan dalam biji-biji wijen.
  • Jika seluruh ayam sudah diselimuti wijen, panaskan minyak goreng dalam wajan.
  • Goreng ayam wijen dengan api sedang dan dijaga supaya wijen berwarna kecokelatan.
BACA JUGA:  3 Resep Kue Tanpa Oven yang Super Praktis dan Mudah

Nah, gimana, girls? Ketiga resep ayam di atas cukup mudah kan? Bervariasi banget, sehingga kamu bisa saja memasaknya bergantian biar enggak bosan.

Paling asyik sih dimakan bareng-bareng tuh. Bareng keluarga, bareng teman-teman … bareng pacar! Ha! Yummy, dan uwuwuw!

Selamat makan, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: