Kesehatan

Kenali 7 Gejala Alzheimer ini Sedari Sekarang!

Meet gejala Alzheimer–the most dangerous “other” silent killer!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Pernahkah kamu mendengar mengenai penyakit Alzheimer? Ada beberapa fakta mengerikan mengenai penyakit Alzheimer ini dan gejala Alzheimer yang mesti banget kamu tahu supaya kamu lebih waspada.

Apa itu Alzheimer?

Alzheimer merupakan suatu penyakit di mana terjadi disfungsi sel-sel saraf pada otak, sehingga sinyal-sinyal pada otak sulit ditransmisikan dengan baik.

Beberapa penelitian mengungkapkan, seiring sulitnya men-transmisikan sinyal-sinyal ini, otak juga akhirnya berkerut dan mengecil. Sehingga, risiko munculnya penyakit ini berbanding lurus dengan bertambahnya usia seseorang.

Fakta lain lagi menyebutkan bahwa sebanyak 85% penderita Alzheimer adalah wanita, dan lebih dari separuhnya tak menyadari bahwa mereka mengidap dan memahami gejala Alzheimer. Duh, girls. Mengerikan sekali, ya?

Karenanya, ada baiknya kita mengerti mengenai 7 gejala Alzheimer yang sejak awal bisa dirasakan dan umum terjadi. Apa saja?

7 Gejala Alzheimer yang biasanya muncul di awal dan harus dikenali

7 Gejala Alzheimer yang biasanya muncul di awal dan harus dikenali

1. Gangguan daya ingat

Gejala Alzheimer yang paling awal dialami oleh penderitanya adalah kesulitan untuk mengingat hal-hal yang bahkan tampak remeh dan yang biasanya mereka lakukan sehari-hari.

Misalnya, lupa nama suami, istri, atau anaknya, lupa sudah makan atau belum, lupa tempat dia menaruh barang-barang dan sebagainya.

2. Gangguan konsentrasi

Penderita juga akan merasakan gejala Alzheimer seperti mengalami kesulitan untuk tetap fokus saat mengerjakan sesuatu atau beraktivitas.

BACA JUGA:  10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Mereka akan lupa cara memasak, tak tahu bagaimana menggunakan telepon, menemui kesulitan menghitung, dan lain-lain. Gangguan fokus ini bisa membuat penderita Alzheimer mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatannya sehari-hari yang biasanya ia lakukan dengan baik.

Tak heran sih, banyak penderita Alzheimer yang membutuhkan care giver atau mereka yang mendampingi 24/7 untuk membantu melakukan hal-hal keseharian.

3. Gangguan komunikasi

Gejala Alzheimer lain yang bisa terjadi adalah mengalami kesulitan saat ingin mengutarakan apa yang ada di pikirannya.

Mereka tahu ingin mengatakan sesuatu, tapi entah kenapa, tak juga bisa mengatakannya. Penderita Alzheimer merasa kesulitan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda, dan sering kali berhenti di tengah-tengah kalimat dan lupa ingin bercerita tentang apa.

7 Gejala Alzheimer yang biasanya muncul di awal dan harus dikenali

4. Mengalami disorientasi

Saat penderita bepergian sendiri, ada risiko tinggi dia akan mengalami gejala Alzheimer berupa hilang arah dan tersesat.

Tak hanya arah, penderita Alzheimer juga bisa mengalami disorientasi waktu, tak bisa membedakan pagi, siang dan sore. Lupa hari juga tak bisa mengingat tanggal.

5. Mengalami kesulitan memahami visuo spasial

Maksud gejala Alzheimer ini yang kayak gimana ya?

Well, penderita Alzheimer tak bisa memperkirakan dan mengukur jarak, tak bisa membedakan warna. Semakin sulit membaca juga akan terjadi pada penderita Alzheimer. Ada kalanya mereka tak bisa membedakan barang-barang yang sekilas terlihat mirip, misalnya sendok dan garpu, atau menuang air namun tumpah ke mana-mana, alih-alih air masuk ke dalam gelas.

BACA JUGA:  Dalam 29 Menu Makan Siang Ini Tersembunyi Banyak Kalori Lo! Waspadalah!

6. Sering salah mengambil keputusan

Penderita Alzheimer sering mengenakan pakaian yang tidak serasi dan aneh, hal ini disebabkan karena ia tak mampu lagi mengambil keputusan yang tepat. Bisa juga memakai sepatu di kaki kiri dan sandal di kaki kanan.

Mereka juga mengalami penurunan kemampuan merawat diri dengan baik.

7. Menarik diri dari pergaulan

Semangat penderita Alzheimer untuk bersosialisasi juga menurun dengan drastis. Mereka lebih suka di rumah, dan tak suka dikelilingi oleh orang banyak. Mereka merasa tak nyaman, saat mereka kesulitan mengikuti arah pembicaraan orang lain.

Mungkin inilah yang menyebabkan mereka menjadi penyendiri pada akhirnya.

Kebanyakan dari kamu mungkin berpikir ya, girls. Ah, Alzheimer kan penyakit orang tua. Kenapa harus kita khawatirkan sekarang? Masih dua puluh – tiga puluhan ini kan, umur kita?

Jangan salah, girls. Kini Alzheimer tak hanya menjadi penyakit yang dimiliki oleh para lansia. Alzheimer bahkan sudah mulai menyerang mereka yang berusia 40 tahun! Nah lo.

Kebayang enggak, jika kamu di usia 40 tahun, sudah mengidap Alzheimer, susah mengingat semua hal yang yang tersulit hingga yang tersepele sekalipun, seperti lupa cara menggosok gigi! Ouch.

Dan, perlu kamu tahu ya, Alzheimer bukanlah penyakit menular, tapi memiliki risiko untuk diturunkan pada generasi selanjutnya seperti halnya penyakit diabetes. Hingga kini, belum ditemukan obat yang tepat untuk mengatasi ataupun mencegah risiko timbulnya Alzheimer pada seseorang.

BACA JUGA:  Tip Sehat dan Bugar ala Atlet Olimpiade untuk Bantu Kamu Semangat Olahraga

Para peneliti dunia nampaknya juga masih menemui kesulitan untuk mengungkap misteri di balik penyakit Alzheimer ini, seperti apa penyebab menurunnya fungsi sel saraf otak, ataupun mengapa sel-sel otak bisa mati.

Yang bisa kita lakukan, adalah memperlambat gejala Alzheimer untuk muncul. Dan, jika ada salah seorang anggota keluarga yang mengidapnya, kita harus sabar mendampinginya. Segera hubungi tenaga medis terdekat untuk meminta bantuan ya, girls.

Oh, dan satu lagi. Jangan anggap remeh kepikunan kita, apalagi menjadikannya sebagai bahan candaan. No, Alzheimer is not fun, at all! So, seharusnya Alzheimer tak pernah bisa menjadi bahan lucu untuk ditertawakan, seperti halnya autisme.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: