Bisnis & Karier

11 Do’s and Don’ts Wawancara Kerja yang Penting Kamu Tahu dan Lakukan!

wawancara kerja

Memulai pekerjaan baru adalah hal yang menyenangkan, membuat bersemangat, sekaligus menegangkan. Pekerjaan baru berarti Anda harus menyesuaikan diri sambil mencoba menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.

Wawancara kerja adalah tahap rekrutmen kerja yang paling menegangkan bagi sebagian besar kandidat yang terpilih. Walaupun sudah berlatih dan menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan pada saat wawancara, pewawancara bisa saja melontarkan pertanyaan yang jawabannya tidak diketahui oleh kandidat terpilih. Pertanyaan saat wawancara kerja yang tidak diduga ini tentu saja bisa membuat kandidat semakin gugup sehingga mereka tidak bisa berpikir apa yang harus dikatakan. Terlebih lagi jika wawancaranya menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga begitu, girls?

Apabila ada pertanyaan saat wawancara kerja yang kamu tidak ketahui jawabannya, apa yang harus kita lakukan?

Yuk intip 11 dos and don’ts yang harus kamu ketahui dan bisa kamu ikuti untuk menghadapi situasi tersebut!

Don’ts

Datang Terlambat dan Tidak Memberi Kabar

Datang terlambat pada saat tahap wawancara akan berlangsung sebetulnya enggak sepenuhnya salah, girls. Apalagi, kalau lokasi perusahaan dan tempat tinggalmu berada di kota besar yang hampir selalu terjadi kemacetan.

Tindakan fatal yang enggak boleh kamu lakukan adalah datang terlambat dan tidak memberi kabar akan hal tersebut ke pihak pewawancara.

Kamu bisa dianggap sebagai calon karyawan yang memiliki kemampuan teamwork yang rendah.

Maka dari itu, berilah kabar ke pihak pewawancara (dalam hal ini HRD perusahaan) kalau kamu terpaksa terlambat datang ke tahap wawancara nanti.

BACA JUGA:  Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi COVID-19? Coba Lakukan Langkah Berikut Segera

Panik

wawancara kerja

Di saat wawancara kerja pasti kamu dihadapkan dengan pertanyaan interview yang di luar dugaan. Kuncinya, jangan panik! Ini merupakan tip wawancara yang paling jitu!

Hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah diam. Jika kamu tidak bisa berpikir jernih, kamu dapat melemparkan jawaban yang di luar kontrol kamu sendiri. Selain itu, jangan pernah berbohong karena jika ketahuan akan merusak reputasi kamu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jujur adalah pilihan terbaik, girls.

Terlalu Berlebihan dalam Menggambarkan Diri Sendiri

wawancara kerja

Tip wawancara kerja selanjutnya yang tidak boleh kamu lakukan dengan menceritakan dirimu sendiri secara berlebihan. Ini akan membuat perusahaan ilfeel kepadamu, serta membuat tahap wawancara berjalan tidak efektif.

Kamu disarankan untuk menceritakan saja hal-hal penting tentang dirimu. Misalkan: kelebihan dan kekuranganmu, skill yang kamu kuasai, pengalaman kerja dan organisasi, dan beberapa hal penting lainnya.

Santai

Pewawancara kerja mungkin terlihat seperti teman baik tapi sebenarnya tidak, loh. Tidak apa-apa untuk bersikap ramah, tapi kamu masih tetap membuat kesan yang baik. Kalau terlalu santai kamu akan membuat sesuatu yang tidak profesional. Dia tidak akan mendasarkan wawancara hanya pada bagaimana menyenangkan kamu saat itu.

Menanyakan Gaji

wawancara kerja

Menanyakan mengenai gaji, bonus ataupun cuti di wawancara pertama sangatlah dilarang. Kecuali kalau Anda sudah positif diterima bekerja di perusahaan tersebut, ya. Itu lain cerita, girls! Kamu seharusnya sudah mengetahui perkiraan gaji di posisi dan level yang kamu lamar pada saat itu.

BACA JUGA:  11 Jurus Membangun Bisnis Kuliner Rahasia Chef Terkenal

Do’s
Pakaian yang Tepat

wawancara kerja

Pastikan kamu tahu harus memakai baju apa saat wawancara kerja ya. Lebih baik menanyakan staf HRD sebelum hari wawancara untuk mendapatkan gambaran apa yang perlu kamu kenakan. Kamu enggak mau kan salah kostum saat wawancara nanti?

Membawa Berkas yang Dibutuhkan

wawancara kerja

Meskipun kamu yakin kalau perusahaan memiliki CV kamu dan berkas yang lain, tapi tidak ada salahnya membawa salinan CV untuk jaga-jaga jika pihak pewawancara ingin melihat CV dan berkas milikmu.

Pastikan CV dan berkas yang lain tersimpan rapi di map saat membawa ke sebuah wawancara kerja. Ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa kamu profesional.

Tepat Waktu

wawancara kerja

Untuk kamu yang dapat panggilan wawancara kerja disarankan untuk datang tepat waktu sesuai permintaan pewawancara. Kamu bisa berangkat lebih pagi dari rumah. Enggak papa jika dating lebih awal sebelum wawancara kerja dimulai, setidaknya kamu sudah sampai di tempat wawancara kerja tersebut.

Berikan Jawaban yang Tepat

Pertanyaan interview mengenai kelemahan kamu, ini dapat mempengaruhi penilaian juga loh girls. Jujur dan berikan jawaban yang nyata dan bukan cop-out.

Siapkan Pertanyaan

wawancara kerja

Tip wawancara selanjutnya adala menyiapkan daftar pertanyaan yang benar dan baik untuk ditanyakan ke pihak pewawancara di akhir sesi wawancara kerja. Perhatikan selama interview, lalu siapkan pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang dia bicarakan. Cara seperti itu akan menunjukkan bahwa kamu aktif mendengarkan pihak pewawancara kerja.

BACA JUGA:  Concall dengan Aplikasi Zoom: 12 Do's and Dont's

Bersikap Baik dan Sopan

Bersikap baik dan sopan merupakan hal penting yang harus kamu lakukan selama wawancara kerja. Tip wawancara yang sukses bisa dengan bersikap baik dan sopan kepada pihak pewawancara kerja, girls. Poin plus deh!

Jangan lupa untuk berterimakasih kepada perekrut setelah selesai interview, untuk membuat kesan akhir yang baik.

Itulah 11 do’s and don’ts saat wawancara kerja berlangsung, girls. Niatkan dalam hati kalau kamu bisa melalukannya yah. Kenapa? Karena saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak yang melamar pekerjaan tapi tidak dipanggil oleh tim HRD untuk wawancara. Efek dari pandemi ini juga banyak yang kena PHK.

Jadi, kalau kamu melakukan tip di atas, semoga kamu bisa diterima kerja dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan ya.

Selamat berjuang, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: