Traveling

5 Tempat Wisata di Lereng Gunung Merapi Selain Kaliurang yang Wajib Dikunjungi

Lereng Gunung Merapi menyimpan misteri. Nggak hanya mistis, tapi juga indah ditelusuri.

BICARAPEREMPUAN.COM – Gunung Merapi memang menyimpan keindahan tersendiri di balik sosoknya yang menjulang tinggi angkuh. Sesekali memang gunung satu ini memang tampil menyeramkan terutama di saat-saat dia “batuk-batuk”. Namun kalau lagi tidur, ada banyak hal yang bisa kita nikmati di sekitar lereng Gunung Merapi, dari mulai yang berada di wilayah Yogyakarta, Magelang, hingga Boyolali.

Yuk, kita jalan-jalan ke satu per satu tempat wisata alam dan budaya di Lereng Gunung Merapi!

1. Museum Vulkanik Merapi

Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi - Museum Vulkanik Merapi. Foto:  Eksotisjogja.com
Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi – Museum Vulkanik Merapi. Foto: Eksotisjogja.com

Museum ini didirikan tahun 2010 yang lalu, sesaat setelah letusan terbesar dalam kurun waktu 400 tahun, terletak di Desa Harjobinangun tak jauh dari Kaliurang Yogyakarta.

Bentuk bangunannya sendiri sudah cukup unik nih, trapesium dengan akses segitiga di salah satu bagiannya, mempresentasikan bentuk gunung Merapi itu sendiri. Museum ini terdiri atas dua lantai, koleksinya cukup lengkap dari mulai bebatuan hasil letusan tahun 1930 hingga yang terakhir 2010.

Yang paling menarik, saat pengunjung memasuki gedung museum, ada sebuah replika sebaran awan panas dari tiga buah letusan Gunung Merapi, yakni pada tahun 1969, 1994 dan 2006 yang akan menyambut. Suara bergemuruhnya memenuhi ruangan. Kalau mau menyalakan, kamu tinggal tekan saja salah satu tombolnya. Alat ini kemudian akan memperlihatkan sebaran awan panas serta aliran lava pijar serupa dengan yang benar-benar terjadi saat Merapi meletus. Kamu akan bisa membayangkan bagaimana kalau kamu berada di tempat tersebut. Kebayang deh ngerinya.

Koleksi yang lain ada banyak, dari mulai simulasi-simulasi kejadian letusan, juga ada film pendek mengenai Merapi dari dua sudut pandang, yaitu saat Merapi tidur dan memberikan penghidupan serta Merapi saat sedang bergolak. Tak hanya itu, di salah satu bagiannya kamu juga akan bisa melihat sendiri vulcanic bomb atau batu bom, yaitu batu vulkanik super besar yang terlempar keluar dari kawah Merapi lalu mengalami pembekuan sebelum terjatuh ke atas tanah.

BACA JUGA:  Ini Dia 5 Destinasi Wisata Kekinian di Jabodetabek yang Mudah Dijangkau dengan Bujet Terbatas

2. Plawangan

Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi - Plawangan. Foto: Sleman Online
Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi – Plawangan. Foto: Sleman Online

Bukit Plawangan tepatnya berada di salah satu sudut kawasan Kaliurang, objek wisata paling terkenal di lereng Gunung Merapi. Kamu bisa mencapai bukit Plawangan dengan lebih dulu masuk ke kawasan Tlogo Nirmolo.

Di Tlogo Nirmolo sendiri sebenarnya ada air terjun yang cukup indah, namun kalau jiwa petualangmu sedang terpanggil, kamu bisa meneruskan langkah untuk mendaki Bukit Plawangan ini.

Sebenarnya Bukit Plawangan tidaklah terlalu tinggi untuk didaki. Cocok banget buat dijadikan pemanasan kalau kamu adalah pendaki-wanna-be atau pendaki pemula. Biarpun tak terlalu tinggi, tapi sebaiknya kamu juga tetap membawa bekal air minum ya. Soalnya ya, tetap saja kamu harus berjalan mendaki sejauh sekitar 1 kilometer. Kalau jalannya mendatar sih, jalan sejauh 1 kilometer barangkali nggak masalah ya, apalagi kalau bareng teman-teman. Tapi kalau mendaki, ya cukup berkeringat juga.

Di tengah perjalanan, kamu akan menjumpai persimpangan. Satu arah menuju Goa Jepang, sedangkan arah yang lain akan menuju puncak Bukit Plawangan. Kamu yang nggak kuat lagi, bisa berbelok ke Goa Jepang dan menelusuri suasana di gua tersebut yang sangat magis. Tapi kalau kamu masih kuat berjalan mendaki, teruslah menuju ke puncak bukit.

Percaya deh, semua kepenatan kamu berjalan akan terbayar begitu kamu mencapai puncaknya.

3. Kaliadem

Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi - Kaliadem
Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi – Kaliadem

Kalau kamu ingin menikmati Gunung Merapi tanpa penghalang apa pun, Kaliademlah tempat yang tepat.

Kaliadem merupakan titik paling optimal untuk bisa menikmati indahnya Gunung Merapi, yaitu sekitar 2 kilometer saja dari puncaknya. Sayangnya, setelah letusan besar tahun 2010, Kaliadem yang dulunya merupakan bumi perkemahan dengan hutan pinusnya, dilengkapi pula dengan fasilitas seperti gardu pandang, warung-warung makan, dan basecamp pendakian kini telah tertimbun.

BACA JUGA:  5 Tempat Wisata di Bogor yang Instagrammable Banget untuk Selfie Kekinian

Di lokasi Kaliadem ini juga terdapat bunker, yang telah menjadi tempat tewasnya dua relawan Merapi pada letusan tahun 2006. Meski bunker ini dibangun untuk melindungi serangan awan panas, namun ternyata tak mampu melindungi dari panasnya material pasir dan batu yang mencapai suhu 1.000 derajat celcius. Inilah yang menewaskan dua relawan tersebut. Di pintu bunker terdapat prasasti yang mengisahkan mengenai perjuangan dua relawan tersebut.

Meski sudah tertimbun, namun pesona Kaliadem masih mampu menarik minat wisatawan, salah satunya dalam bentuk lava tour Merapi yang ditawarkan oleh banyak jasa penyedia paket tur wisata dan juga pemerintah.

4. Kali Kuning

Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi - Kali Kuning
Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi – Kali Kuning

Masih dalam garis sungai yang sama, dari Kaliadem kamu seharusnya lanjut ke Kali Kuning.

Kali Kuning merupakan objek wisata alam yang sangat menarik, cocok banget dipakai sebagai lokasi perkemahan ataupun untuk outbond. Udaranya segar banget, apalagi lokasinya juga dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang indah. Meski sejak letusan 2010, hutan pinusnya belum juga pulih seperti semula hingga sekarang, namun tak mengurangi pesona alamnya.

Mata air Kali Kuning adalah dari sumber mata air Umbul Wadon, yang juga termasuk dalam daerah aliran air Sungai Opak. Perlu kamu ketahui, bahwa Umbul Wadon ini merupakan sumber mata air paling penting bagi seluruh penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi - Museum Ullen Sentalu
Tempat wisata di Lereng Gunung Merapi – Museum Ullen Sentalu

Meski terletak tersembunyi di lereng Gunung Merapi, yaitu di Pakem Sleman Yogyakarta, museum ini ternyata merupakan museum terbaik di Indonesia menurut para wisatawan TripAdvisor.

BACA JUGA:  5 Objek Wisata Alam Banten yang Murah Meriah dan Memanjakan Mata

Pilihan para wisatawan tersebut tidaklah salah. Museum Ullen Sentalu, selain menampilkan berbagai koleksi eksotik budaya Jawa, juga menyuguhkan suasana yang tidak biasa untuk bisa dinikmati bersama. Hawa yang sejuk, keheningan yang menenangkan, juga arsitektur vernakular menyatu membuat para pengunjung museum betah berlama-lama berada di dalam areanya.

Di museum ini kita dapat mengetahui bagaimana batik dibuat. Batik-batik khas Jawa tersebut memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Aura museum ini seakan menyerap kita kembali ke masa lalu yang tenang dan nyaman. Mengesankan ya? Jarang-jarang lho, kita bisa betah berkunjung ke museum, iya nggak sih?

Nah, itu dia 5 tempat wisata yang sangat menarik yang bisa kamu temukan di seputar Lereng Gunung Merapi.

Selain beberapa tempat wisata tersebut, di Lereng Gunung Merapi juga tersebar pos-pos pemantauan gunung seperti Pos Pemantau Babadan yang juga bisa kamu kunjungi untuk memuaskan rasa penasaranmu terhadap aktivitas Gunung Merapi. Kalau kamu pengin mendaki Gunung Merapi, kamu juga bisa melalui jalur pendakian Babadan ini, selain melewati jalur Selo dan Kineharjo.

Jadi, kapan nih mau mengunjungi semua objek wisata itu?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: