17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

BICARAPEREMPUAN.COMMau makan enak, tapi nggak bikin kantong jebol di Bandung? Nggak perlu pusing. Telusuri saja rekomendasi wisata kuliner Bandung yang murah dari BiPer ini.

 

17 Rekomendasi wisata kuliner Bandung yang murah meriah

1. Nasi Goreng Mafia

Wisata kuliner Bandung: Nasi Goreng Mafia.
Wisata kuliner Bandung: Nasi Goreng Mafia. Image via foody

Nama warungnya saja Nasi Goreng Mafia, maka nama menunya pun juga ngeri-ngeri sedap. Sebut saja God Father, Triad, Yakuza, Brandal, sampai Preman.

Tagline warung ini pun unik banget, yaitu nasi goreng rempah pertama di Indonesia. Nasi goreng Gangster-nya katanya sampai memakai 15 bahan rempah dalam resepnya. Nggak heran, orang yang lewat saja sampai ngiler-ngiler mengendus aromanya. Padahal cuma lewat doang tuh, girls.

Kisaran harga makanan di sini adalah sekitar Rp 10.000 – Rp 19.000. Warung ini bisa kamu temukan di beberapa tempat di Bandung, seperti di Jl. Dipati Ukur, Jl. Jalaprang, di Antapani, dan di beberapa tempat lain.

 

2. Jigoku Ramen

Kalau harga masakan mi khas Jepang ini biasanya di mana-mana sih mahal. Tapi di Jigoku Ramen, kamu bisa menikmati sajian ramen dengan harga Rp 6.000 – Rp 19.000 saja. Hmm, sudah enak di lidah, enak di kantong pula.

Menu-menu mie Jepang seperti Jigoku Ramen Original, Jigoku Ramen Chicken Terriyaki, Jigoku Ramen Sausage Beef Frank, dan 10 jenis menu lainnya ini bisa kamu temukan di Jalan Cikutra.

 

3. Warunk Upnormal

Warmindo modern satu ini memang sudah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Tapi yang original tetap menjadi bintangnya wisata kuliner Bandung.

Ada nih satu menu indomie yang nggak bakalan ada di tempat lain, yaitu masakan indomie yang creamy cheesy banget. Kamu juga harus nyobain Black Indomie, Indomie Gokil (ada topping kikilnya) dan berbagai menu yang khas banget lainnya. Range harganya cukup luas, Rp 5.000 – Rp 35.000. Jadi kamu bisa sesuaiin dengan isi kantongmu.

Warung ini bisa kamu kunjungi di beberapa tempat, seperti di Jl. PHH. Mustofa, Jl. Cihampelas, ataupun di Buah Batu.

 

4. Bakso Semar

Katanya sih, ini adalah bakso terenak se-Bandung. Kuah tetelan sapinya dahsyat. Dengan kisaran harga Rp 4.000 – Rp 17.000, pasti ramah banget buat kantong kamu, iya nggak sih?

Yuk, cobain langsung aja ke warungnya di Jl. Semar, Jl. Cihampelas atau di Jl. Pungkur.

BACA JUGA:  7 Destinasi Wisata Alam Dunia yang Menawarkan Keindahan Luar Biasa - Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

 

5. Cuanki Serayu

Wisata kuliner Bandung Cuankie Serayu
Wisata kuliner Bandung Cuankie Serayu. Image via Warta Kota.

Bakso Cuanki Serayu ini warungnya bisa dikunjungi di Jl. Serayu, di sekitaran Jl. RE. Martadinata, dan juga ada dua cabang lagi di Jl. Bengawan dan Jl. Kampus.

Dalam seporsi cuankie-nya, ada bakso kecil, siomay, tahu kering dan tahu putih. Kamu cukup merogoh kantong sebesar Rp 5.000 – Rp 25.000 aja buat bisa menikmati menu-menu di sini.

 

6. Mie Reman

Warung ini menyediakan menu mi ramen khas Jepang, dengan berbagai topping pilihan. Mi ramennya sendiri harganya Rp 10.000. Nah, toppingnya nih kamu bisa milih, ada sosis, katsu atau bakso ikan. Tapi harus sabar ya, karena mengantrenya sendiri udah lama banget belum acara masaknya.

Wuah, maklumlah. Warung ini emang ramai banget. Posisinya ada di Jl. Braga.

 

7. Steak Ranjang

Siap-siap menggelinjang kalau mau menikmati menu steak di warung yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur ini. Eh, jangan berpikir yang nggak-nggak dulu, karena itu memang tagline dari warung steak yang istimewa ini.

Steaknya enak banget, dan harganya pun mahasiswa banget. Kisaran harganya di Rp 15.000 – Rp 25.000.

 

8. Mi Kocok Mang Dadeng

Mi kocok buatan Mang Dadeng ini menggunakan 27 macam bumbu rempah-rempah. Isinya terdiri atas mi kuning, potongan kikil dari kaki sapi, sumsum sapi, tauge, serta taburan daun seledri dan bawang goreng. Kikilnya, jangan salah, nggak alot bahkan empuk banget dan tebal pula.

Kamu bisa menemukan salah satu wisata kuliner Bandung terkenal ini di Jl. Banteng, dengan harga kisaran menunya Rp 20.000 – Rp 30.000.

 

9. Mi Merapi

Mi Merapi menyajikan mi berkuah rempah yang kaya rasa, segar, dan gurih sekaligus. Enak banget deh.

Ada 3 varian kuah yang bisa kamu pilih, yaitu kuah kampung, kuah kari, kuah rempah dengan level kepedasan mulai dari 0-10. Sekilas penampakannya kayak mi ramen, girls. Tapi kalau sudah dicicipin, Indonesia banget!

Untuk menikmatinya, kamu cukup nyediain uang Rp 15.000 – Rp 40.000 aja. Yuk, langsung ke warungnya di Jl. Pahlawan atau di Jl. Dipati Ukur.

 

10. Mochilok

Pernah makan kue mochi? Iya, kue Jepang yang kenyal-kenyal empuk dengan taburan tepung itu tuh, girls. Nah, di Bandung ada mochilok, mochi cilok.

BACA JUGA:  5 Destinasi Wisata untuk Pencinta Film Ini Mesti Masuk ke Bucket List Liburan Kamu!

Memang keistimewaan warung ini di menu berbahan dasar aci tersebut. Banyak varian yang bisa kamu pilih, dengan kisaran harga yang murah, yaitu di Rp 3.500 – Rp 4.500. Warungnya bisa kamu temukan di Jl. Sekeloa.

 

11. Bebek Ali (Borromeus)

Wisata kuliner Bandung Bebek Ali
Wisata kuliner Bandung Bebek Ali. Image via infobandung.

Kalau masakan bebek, biasanya dagingnya alot. Tapi enggak dengan Bebek Ali ini. Empuk, dan gurih.

Kamu bisa langsung nyobain sendiri di Jl. Hasanudin. Warungnya sih kakilima gitu, harganya juga kakilima banget yaitu Rp 15.000 – Rp 35.000. Tapi kepuasan dan kenyangnya maksimal.

 

12. Asli Laksana

Yang pengin nyunda, bisa nyobain menu khas Sunda di warung Asli Laksana ini. Berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, warung ini sangat terkenal karena sajian khas Sunda-nya.

Masakannya dijejer di depan warung, yang rata-rata dibanderol dengan harga nggak sampai Rp 30.000. Murah banget kan?

 

13. Madtari

Mau makan pisang keju yang kejunya lebih tebal daripada pisangnya? Atau mau nyobain roti bakar dengan keju parut segunung? Hanya ada di Madtari. Udah gitu, warung ini bukanya 24 jam! Jadi kamu mau nongkrong kapan aja bisa nih di sini.

Kisaran harga sajiannya juga nggak mahal, antara Rp 5.000 – Rp 25.000. Ada 4 cabang Madtari yang bisa kamu kunjungi, yaitu di Jl. Teuku Umar, Jl. Surapati, Jl. Rangga Gading, dan Jl. Dr. Otten

 

14. Warung Ceu Mar

Berlokasi di Jalan Banceuy, warung ini merupakan tempat makan yang berbentuk warung kakilima. Jam bukanya pun unik, dari pukul 21.00 – 09.00.

Iya, itu nggak kebalik. Memang warung ini buka dari jam sembilan malam, dan tutup di pagi hari. Ada sajian menu masakan dengan sistem prasmanan, jadi kamu bisa lebh bebas memilih makanan sesuai selera kamu.

Kisaran harga menunya Rp 10.000 – Rp 20.000. Nggak mahal kan?

 

15. Batagor H. Isan

Rasanya nggak afdal kalau ke Bandung tapi nggak nyicipin wisata kuliner Bandung satu ini.

Batagor H. Isan konon merupakan pelopor batagor Bandung yang super terkenal itu. Jadi kalau memang kamu baru pertama kali nyobain batagor, kamu harus datang ke ‘tempat kelahiran’nya. Biar lebih mantap. Iya nggak sih?

BACA JUGA:  5 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Kekinian tapi Ramah di Kantong

Untuk satu porsi yang cukup bikin kamu kenyang, kamu hanya perlu merogoh dompet sebesar Rp 15.000. Salah satu outlet-nya yang bisa kamu kunjungi ada di Jl. Bojongloa.

 

16. Nasi Kalong

Kalong artinya kelelawar. Kelelawar keluarnya hanya di malam hari. Nah, wisata kuliner Bandung yang satu ini juga cuma ada di malam hari, girls.

Nasi Kalong, yang berlokasi di Jl. Riau, ini bukanya pukul 19.00 sampai pukul 03.00 dini hari. Kalau mau ke sini, jangan lupa jaket tebal ya, karena warung ini model outdoor. Kamu juga bisa memilih menu sendiri nih di sini, dan harganya dari Rp 15.000 – Rp 35.000.

 

17. Sambel Hejo

Wisata kuliner Bandung Sari Rasa Sambel Hejo
Wisata kuliner Bandung Sari Rasa Sambel Hejo. Image via Foody id

Nama asli warung ini adalah Sari Rasa. Tapi lantaran terkenal gara-gara sambal hijaunya, maka lebih sering disebut dengan nama Sambel Hejo Natuna, merujuk pada lokasinya yang ada di Jl. Natuna.

Sekarang wisata kuliner Bandung satu ini juga punya cabang di beberapa tempat. Yang paling unik dari warung ini, selain tentu saja sambal cabai hijaunya yang fenomenal, adalah cara penyajiannya. Pengunjung bukan memilih menu dari daftar yang sudah disediakan baru disajikan, tapi begitu datang kita akan segera disuguhi aneka menu yang memang sudah siap dan hangat. Kita bisa langsung menyantapnya. Cepet deh jadinya, nggak sampai kelaparan nunggu dimasakin.

 

Nah, nggak bingung lagi kan, kalau mau menikmati wisata kuliner Bandung? Bandung memang kaya banget kulinernya, dan semuanya enak. Kadang bikin kita malah jadi bingung mau makan apa. Belum lagi kalau ternyata uang di dompet nggak tebal-tebal amat. Harus pintar milih warung dan menunya.

Semoga rekomendasi di atas membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.